Ini 4 Cara Hindari Aksi Penipuan Saat Traveling | Breaktime
Ini 4 Cara Hindari Aksi Penipuan Saat Traveling
25.06.2016

Pergi traveling memang menyenangkan, namun yang membuatnya jadi tak seru adalah saat B’timers tak sadar terkena aksi penipuan yang merugikan, khususnya secara material. Ini memang kadang terjadi saat kita pergi ke tempat yang baru dan belum pernah ke sana. Entah itu “kenakalan” sopir taksi, persewaan kendaraan dan lain-lain. Namun, ada kok, trik-trik yang bisa Anda pakai agar terhindar dari aksi penipuan oknum yang tak bertanggung jawab itu.

Taxi meter yang rusak

Terkadang sopir taksi menggunakan metode ini. Jadi, dari awal Taxi meter sudah disetel bukan dari nol untuk tarifnya. Namun, alasannya adalah taxi meter-nya rusak. Nah, untuk menghindarinya Anda bisa memastikan di awal, apakah taxi meter-nya sudah bekerja dengan betul, agar nantinya Anda tak terkena biaya tambahan yang sia-sia.

Hotel yang tutup atau penuh

Masih dari oknum sopir taksi, bisa jadi saat Anda berkeliling mencari hotel, sopir taksi Anda akan berkata hotelnya penuh atau tutup, sehingga Anda dibawa ke hotel yang lebih mahal dan dia akan mendapatkan komisi. Untuk antisipasi, Anda bisa menelepon dan mem-booking kamar hotel terlebih dulu agar terhindar dari penipuan semacam ini.

Ini 4 Cara Hindari Aksi Penipuan Saat Traveling | Breaktime
Pintar menghindari aksi penipuan akan membuat traveling Anda jadi semakin seru

Anak kecil atau pengemis yang terluka

Entah itu wanita hamil, pria difabel, atau anak kecil yang berpakaian kusam, sulit untuk berkata tidak pada pengemis. Namun, hati-hati sebab kadang mereka dengan lihai dan cepat mengambil dompet Anda saat berada di dekat Anda. Sebaiknya, beri saja pakaian atau makanan agar uang Anda tetap aman terjaga.

Kerusakan kendaraan sewaan

Jika Anda menyewa kendaraan baik itu mobil atau motor, dan terjadi kerusakan pada kendaraan tersebut lalu ada biaya tambahan untuk Anda, mungkin saja Anda telah tertipu. Untuk menghindarinya, jika memang terjadi kerusakan maka bawalah kendaraan ke bengkel untuk diservis, dan jangan langsung membawa kendaraan sewaan tersebut ke pihak penyewa.

Nah, itulah beberapa aksi penipuan saat traveling yang sering terjadi dan cara untuk menghindarinya. Travel smart, B’timers! (md)

Share This Article