Ingin Tahu Kiat Mudik Hemat Biaya? Baca Ini! | Breaktime
Ingin Tahu Kiat Mudik Hemat Biaya? Baca Ini!
05.07.2016

Sebentar lagi Lebaran, musim mudik sudah di mulai sejak beberapa hari yang lalu. Bagi Anda yang akan mudik dan belum melakukan perjalanan mudik sebaiknya memperhatikan trik mudik yang akan dibahas di sini. Breaktime akan memberikan seputar tips untuk perjalanan mudik hemat dan tidak memakan banyak biaya. Seperti apa? Yuk, simak!

Matangkan rencana

Meski rencana tak selalu berjalan mulus, tapi setidaknya dengan rencana Anda tahu apa yang harus dilakukan di perjalanan. Rencana ini meliputi transportasi apa yang akan Anda gunakan untuk mudik, kapan Anda akan berangkat pulang kampung dan dengan siapa saja Anda akan pergi. Dengan rencana yang matang, persiapan Anda juga matang tentang bagaimana cara mengatur keuangan.

Ingin Tahu Kiat Mudik Hemat Biaya? Baca Ini! | Breaktime
Pedagang asongan menjajakan dagangan saat musim mudik

Jangan tergiur pedagang asongan

Musim mudik memang surganya bagi para pedagang asongan. Banyaknya pengguna jalan dan pengguna alat transportasi umum membuat mereka berlomba-lomba menjajakan dagangannya. Jika Anda mudik membawa anak-anak, besar kemungkinan anak Anda akan minta dibelikan ini dan itu di tengah kepengapan. Jangan selalu dituruti jika anak Anda atau justru Anda sendiri ingin jajan di jalan. Pengeluaran seperti meskipun kecil akan terasa besar jika tidak dikontrol.

Bawa bekal sederhana

Meski tak boleh sembarangan jajan di pedangan asongan, bukan berarti Anda dan keluarga harus menahan lapar sepanjang perjalanan kan, B’timers? Untuk menghemat biaya, alangkah lebih amannya jika Anda membawa bekal sederhana dari rumah. Ingat ya, bekal sederhana. Jangan membawa makanan yang heboh dengan budget mahal melebihi biaya jajan di luar. Sederhana saja asal cukup untuk mengisi perut kosong.

Ingin Tahu Kiat Mudik Hemat Biaya? Baca Ini! | Breaktime
Bekal akan menghemat pengeluaran Anda

Pilih transportasi paling murah

Poin ini sebenarnya sudah masuk pada penjelasan poin pertama. Benar, salah satu kiat agar mudik Anda hemat biaya adalah menentukan transportasi paling murah. Untuk itu Anda perlu mendata besaran biaya dengan mengkalkulasi beberapa alternative kendaraan. Oh ya, sekarang ini banyak kok penawaran mudik gratis dengan syarat tertentu dari perusahaan atau lembaga-lembaga tertentu.

Nah, itulah kiat agar perjalanan mudik Anda tidak memakan banyak biaya. Semoga bermanfaat dan selamat mudik, B’timers! (nap)

Share This Article