Ingin Abadikan Momen Traveling dengan Sempurna? | Breaktime

ARTIKEL TRAVEL

Barry Kusuma

"Travel and Photography" Inspiring Photos & Video through the Lens.

Ingin Abadikan Momen Traveling dengan Sempurna? Ini Tipsnya!
11.01.2016

Bepergian memang sangat menyenangkan. Tak hanya meluangkan waktu untuk pergi ke tempat baru, menikmati indahnya pemandangan alam juga bisa membuat perasaan tenang dan pikiran jadi lebih segar. Tentu satu yang tak boleh ketinggalan saat B’timers melakukan traveling dengan orang-orang terdekat, yap, kamera.

Baca juga tentang: Tips Smart Memotret Arsitektur

Bukan digunakan untuk eksis dan hanya berfoto selfie saja, namun Anda bisa memakai kamera untuk benar-benar mengabadikan momen traveling, terutama pemandangan yang indah, lewat jepretan foto. Nah, agar hasil tangkapan kamera Anda sempurna, Breaktime beri tipsnya.

Ingin Abadikan Momen Traveling dengan Sempurna? | Breaktime

Tips smart memotret landscape

  1. Sebagian besar fotografer landscape bangun lebih pagi karena mereka tahu cuaca cerah di pagi hari lebih cerah. Matahari belum terlalu tinggi sehingga tekstur dan bayangan akan lebih terekspos dengan baik. Jika kita memotret di pagi hari saat cuaca sedang cerah, menggunakan kamera apapun termasuk kamera smartphone akan menghasilkan gambar yang pasti bagus.
  2. Jika Anda punya silindris pada mata, usahakan horizon lurus pada waktu Anda memotret, karena horizon merupakan salah satu hal yang dominan di foto pantai. Jika kesusahan, lebih baik gunakan fitur horizon lurus di kamera Anda. Kesulitan yang kadang dialami saat akan memotret adalah karena silindris di mata, memotret garis lurus jadi terkendala, karena meski sudah terasa lurus tetap saja horizon masih miring. Karena itulah, fitur horizon di kamera sangat membantu kita untuk membuat foto tidak miring.
  3. Lebih baik membuat hasil foto memang yang sudah "jadi", daripada harus mengolahnya di photoshop. Nah, ini berarti akan lebih baik jika kita benar-benar meluangkan sejenak waktu untuk mencari angle atau sudut yang pas sebelum memotret, sehingga hasilnya akan terlihat sempurna. Sehingga, Anda takkan perlu lagi mengedit hasil foto jepretan Anda.Bukankah lebih baik menikmati traveling, daripada sibuk mengedit foto di belakang komputer atau laptop saat tengah bepergian?
  4. Menggunakan filter CPL sangat membantu untuk memperindah foto langit Anda, dengan membuat warna langit jadi lebih biru dan menaikkan saturasi warna. Namun, Anda tak harus selalu menggunakan CPL untuk mempertegas warna biru langit. Karena, bagaimanapun filter CPL yang mahal sekalipun bisa mengurangi kualitas foto dan CPL lebih sering digunakan dalam kondisi darurat saat cuaca sedang buruk atau mendung.
  5. Selain CPL, menggunakan filter GND juga akan sangat membantu mengurangi perbedaan exposure antara laut dengan langit. Jadi, jika di siang hari terik terlalu terang, filter ini bisa membantu mengurangi teriknya matahari dan detail awan yang hilang pada waktu siang hari.

Itulah sederet tips yang bisa Anda terapkan saat traveling untuk mendapatkan foto landscape yang sempurna. Momen traveling B’timers pun akan semakin berkesan dengan jepretan foto menggunakan trik-trik smart dari Breaktime. Happy traveling. (BK)

Share This Article