Hindari Mengantuk Saat Menyetir dengan Cara Ini! | Breaktime
Hindari Mengantuk Saat Menyetir dengan Cara Ini!
12.10.2016

Mengantuk adalah hal yang seringkali terjadi secara tiba-tiba. Saat sedang menyetir pun Anda akan merasakan kantuk terutama saat menyetir jarak jauh dan pada malam hari. Hal ini akan sangat membahayakan untuk Anda dan penumpang lainnya. Ada beberapa hal, B’timers yang bisa Anda lakukan saat merasakan kantuk di perjalanan. Simak tipsnya berikut ini, yuk!

1. Makan dan minum

Anda bisa menggunakan makanan atau minuman untuk tetap bangun. Minuman berenergi, seperti kopi akan sangat membantu Anda tetap terjaga. Anda juga harus menyiapkan aneka snack di dalam mobil. Makan dan minumlah secara perlahan untuk menghilangkan rasa kantuk Anda.

2. Membuat mobil tetap sejuk

Buat temperatur mobil Anda dalam keadaan sejuk, jangan terlalu dingin atau terlalu panas. Ini akan menyegarkan Anda selama menyetir. Atau bisa juga membasuh wajah Anda dengan tisu basah. Sesekali Anda juga perlu membuka jendela mobil.

3. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik mungkin lebih menjadi pilihan kebanyakan orang. Musik memang membuat Anda lebih aktif dengan ikut berdendang, sehingga rasa kantuk Anda hilang.

Hindari Mengantuk Saat Menyetir dengan Cara Ini! | Breaktime
Minum kopi saat menyetir untuk hilangkan rasa kantuk

4. Melakukan gerakan-gerakan kecil

Anda bisa lakukan gerakan-gerakan kecil seperti meregangkan kepala ke samping kanan dan kiri, tarik nafas yang dalam, menggerakkan tangan Anda, atau apapun yang membuat Anda lebih rileks.

5. Minum obat

Jika semua cara di atas tidak ampuh, maka sebelum menyetir minumlah obat atau vitamin yang akan membuat Anda terus terjaga selama dalam perjalanan saat menyetir.

Itulah tips mudah menghilangkan rasa kantuk saat menyetir dalam perjalanan jauh. Akan lebih baik lagi jika Anda bergantian menyetir dengan orang lain atau beristirahat sejenak di pinggir jalan. (vpd)

Share This Article