Hindari 6 Tempat & Benda Sarang Kuman di Pesawat | Breaktime
Hindari 6 Tempat dan Benda Sarang Kuman di Pesawat
28.05.2016

Memperhatikan kebersihan dan kesehatan merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan sehari-hari, tak terkecuali saat B'timers dalam perjalanan atau liburan.

Saat naik moda transportasi pesawat terbang, B'timers perlu memperhatikan tempat-tempat yang banyak menjadi sarang bakteri. Bukan tak mungkin, tempat-tempat yang awalnya kita sangka bersih, ternyata mengandung banyak bakteri.

Berikut beberapa tempat atau benda di dalam kabin pesawat yang tanpa kita sadari merupakan tempat bersarangnya kuman dan bakteri.

Hindari 6 Tempat & Benda Sarang Kuman di Pesawat | Breaktime
Kabin pesawat yang tampak bersih bukan berarti bebas dari kuman dan bakteri

1. Kantong Kursi

Kantong kursi yang berada di depan tempat duduk kita ternyata merupakan tempat yang menjadi sarang kuman dan bakteri. Walaupun terlihat bersih dan berguna untuk menyimpan makanan ringan atau minuman, namun tak jarang benda-benda bekas pakai juga dimasukkan dalam kantong kursi ini.

2. Meja Lipat

Seperti halnya kantong kursi, meja lipat yang ada di depan tempat duduk juga menjadi sarang kuman karena seringkali digunakan sebagai tempat menaruh makanan dan minuman.
Tips: Gunakan tisu basah untuk membersihkan meja lipat tersebut sebelum digunakan untuk tempat makan atau minum selama penerbangan.

3. Toilet

Satu toilet di dalam pesawat digunakan untuk menampung lebih kurang 50 penumpang, sehingga tak heran bila tempat ini merupakan sarang berkembangnya berbagai jenis bakteri.
Tips: Bawa tisu basah atau cairan pembersih tangan tiap selesai buang air kecil di dalam pesawat.

4. Selimut dan Bantal

Pada penerbangan jarak jauh, biasanya maskapai memberikan fasilitas selimut dan bantal. Barang-barang tersebut sepintas tampak bersih dan wangi, namun karena sebelumnya juga sering dipakai oleh penumpang lain, bukan tak mungkin berbagai jenis kuman masih melekat di sana.
Tips: Apabila memungkinkan, bawa sendiri selimut atau bantal, terutama untuk penerbangan jarak jauh.

5. Touchscreen

Pesawat full service memiliki layar hiburan yang terletak di depan kursi. Ada banyak pilihan film, musik, hingga permainan yang bisa dinikmati selama penerbangan. Sebagaimana benda-benda lainnya di dalam pesawat, sarana hiburan tersebut juga digunakan oleh banyak orang sebelum anda. Karena itu sebaiknya gunakan gadget sendiri selama penerbangan.

6. Majalah

Hampir semua maskapai kini memiliki majalah penerbangan atau inflight magazine untuk dibaca-baca selama penerbangan. Anda tidak pernah tahu berapa banyak tangan yang sebelumnya telah membolak-balik halaman tersebut. Selain membawa bacaan sendiri, membersihkan tangan dengan cairan pembersih atau tisu basah setiap kali selesai membaca adalah cara yang aman untuk menghindari bakteri dan kuman. (ZA)

Share This Article