Hindari Kesalahan Ini Saat Booking Tiket Pesawat | Breaktime
Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Booking Tiket Pesawat
14.05.2016

Perkembangan teknologi informasi dan gadget membuat setiap orang kini makin mudah melakukan transaksi online, tak terkecuali pemesanan atau booking tiket pesawat.

Tapi sayangnya masih sering terjadi kesalahan-kesalahan kecil saat melakukan booking tiket pesawat terbang. Kesalahan kecil ini bisa berakibat fatal, seperti biaya yang lebih mahal hingga gagal terbang.

Apa saja kesalahan-kesalahan kecil yang harus dihindari B'timers saat melakukan booking tiket pesawat terbang? Berikut di antaranya.

Mengabaikan syarat dan ketentuan maskapai

Syarat dan ketentuan setiap maskapai berbeda-beda, karena itu penting untuk memperhatikan bagian-bagian penting dari terms and condition tiap maskapai. Syarat dan ketentuan tersebut bisa tentang persyaratan perubahan tiket pesawat, cancel tiket, refund tiket, serta biaya tambahan apa saja yang dikenakan dan digratiskan.

Hindari Kesalahan Ini Saat Booking Tiket Pesawat | Breaktime
Periksa ketentuan bagasi karena aturan tiap maskapai berbeda-beda

Booking terlalu jauh atau terlalu dekat dari jadwal penerbangan

Melakukan pemesanan tiket pesawat terlalu jauh ataupun terlalu dekat (last minute) sama-sama berisiko. Booking tiket terlalu dini berisiko perubahan jadwal sehingga harus melakukan proses pembatalan atau refund, sementara booking tiket terlalu dekat berisiko kehabisan dan harga yang sangat tinggi.

Periode terbaik untuk booking tiket pesawat adalah tiga bulan sebelum penerbangan. Tapi apabila harus pesan jauh-jauh hari, misalkan karena ada promo, pastikan bahwa flight tersebut aman dari pembatalan dan siapkan dana lebih besar apabila melakukan pemesanan last minute, terutama saat periode high season.

Tidak memakai sistem connecting flight

Untuk terbang ke sebuah kota tertentu, kadang kita memerlukan penerbangan transit. Sejumlah maskapai menyediakan fasilitas connecting flight. Kadang, tidak menggunakan connecting flight berisiko ketinggalan pesawat pada penerbangan kedua dikarenakan delay atau faktor teknis lainnya pada penerbangan pertama.

Hindari Kesalahan Ini Saat Booking Tiket Pesawat | Breaktime
Transit bukanlah hal yang harus dihindari saat melakukan perjalanan

Apabila terpaksa menggunakan penerbangan non-connecting, pastikan jarak antar penerbangan cukup panjang untuk mengantisipasi antrian bagasi, delay, imigrasi, dan sebagainya. Apabila tidak yakin, sebaiknya menggunakan connecting flight untuk berjaga-jaga.

Kurang teliti saat pengisian

Kurang teliti menulis identitas kerap terjadi, entah itu penulisan nama, tanggal lahir, dan nomor paspor. Beda satu huruf saja, maka prosesnya akan sangat sulit dan kadang memerlukan biaya yang cukup tinggi. Jadi, cek ulang identitas diri saat melakukan pemesanan tiket pesawat.

Baca Juga : Keuntungan Booking Tiket Pesawat Secara Online

Selain identitas diri, hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah memastikan dokumen yang dibutuhkan, terutama untuk penerbangan ke luar negeri. Sejumlah negara memiliki persyaratan masa expiry paspor berbeda-beda, ada yang 3 bulan, ada yang 6 bulan.

Hindari Kesalahan Ini Saat Booking Tiket Pesawat | Breaktime
Teliti sebelum booking adalah salah satu kunci perjalanan aman dan lancar

Demikian pula dengan bagasi. Tidak semua maskapai memberi fasilitas bagasi gratis, terutama untuk penerbangan ke luar negeri. Berat maksimal bagasi yang ditentukan tiap maskapai pun berbeda-beda.

Tidak menggunakan travel agent terpercaya

Di beberapa daerah kecil yang sulit akses internet, kadang wisatawan harus melakukan pemesanan tiket melalui travel agent. Kecanggihan teknologi kadang dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Karena itu, pastikan membeli tiket melalui travel agent yang terpercaya. (ZA)

Share This Article