Hemat Budget untuk Beli Bensin dengan Tips Ini | Breaktime
Hemat Budget untuk Beli Bensin dengan Tips Ini
11.09.2016

Harga minyak bumi dan gas kini sedang tidak stabil, kadang naik kadang turun. Hal ini akan sangat merugikan para pemilik kendaraan. Ekonomi dunia juga sedang tidak stabil, sehingga banyak orang mengeluh jika harga migas dinaikkan. Khususnya bagi Anda yang hobi travelling ke luar kota dengan menggunakan kendaraan pribadi tak perlu khawatir lagi. Anda bisa menghemat pengeluaran Anda untuk membeli bensin dengan tips-tips ini.

Kurangi perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi

Melakukan perjalanan dengan membawa kendaraan pribadi memang hal yang menyenangkan. Terutama saat Anda akan pergi ke luar kota dengan jarak tempuh yang jauh, pasti akan butuh banyak waktu untuk berhenti dan istirahat. Namun tahukah Anda bahwa ternyata mesin yang dingin setelah Anda berhenti membutuhkan lebih banyak bahan bakar saat 5 mil pertama. Jadi sebaiknya saat Anda pergi dengan jarak tempuh yang jauh gunakan saja transportasi umum.

Jangan mengemudi di jam sibuk

Kemacetan lalu lintas adalah salah satu hal yang membuat bahan bakar kendaraan Anda lebih boros. Saat terjebak dalam kemacetan Anda akan bergerak secara perlahan dan sering, kemudian berhenti dan terus seperti itu. Hal itu justru akan membutuhkan bahan bakar lebih banyak. Oleh karena itu, sebaiknya pergi saat lalu lintas tidak terlalu ramai. 

Hemat Budget untuk Beli Bensin dengan Tips Ini | Breaktime
Usahakan selalu berada pada kecepatan yang stabil

Jangan membawa barang tidak penting yang hanya akan menamba beban

Sama halnya dengan tubuh manusia, jika mobil Anda membawa beban terlalu berat, maka itu membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak. Jadi, sebaiknya kurangi beban dengan mengeluarkan barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan saat melakukan perjalanan yang ada dalam mobil Anda.

Berkendara pada kecepatan yang stabil

Saat berkendara usahakan Anda berada pada kecepatan yang konstan atau stabil. Idealnya adalah 50 mph. Jadi jangan mengendarai dengan kecepatan yang berubah-ubah dan sesuaikan dengan kondisi jalanan.

Dengan beberapa tips di atas Anda bisa sedikit menghemat pengeluaran Anda untuk membeli bahan bakar kendaraan saat bepergian. Namun, sebaiknya jika Anda pergi ke luar kota dengan jarak tempuh yang jauh gunakan saja transportasi umum seperti kereta api atau pesawat. Anda pun bisa menikmati perjalanan dengan nyaman dan senang. (vpd)

Share This Article