Hampir Lebaran, Begini Cara Atasi Arus Mudik | Breaktime
Hampir Lebaran, Begini Cara Atasi Arus Mudik
16.06.2017

Pulang kampung atau mudik menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia setiap menjelang hari raya Idul Fitri. Untuk menuju ke kampung halaman, sebagian masyarakat memilih menggunakan transportasi umum, baik melalui jalur darat, laut maupun udara. Sebagian lagi mudik dengan mengendarai mobil pribadi. Persoalan klasik yang selalu terjadi setiap kali musim mudik Lebaran ialah kemacetan di sepanjang rute darat di Pulau Jawa. Hampir setiap tahun kemacetan terjadi dimana-mana pada saat menjelang dan sesudah Lebaran. Memang tidak bisa dipungkiri setiap tahun jumlah kendaraan berbanding terbalik dengan panjang jalan. Sehingga pasti setiap tahunnya terjadi kemacetan dimana-mana saat musim mudik.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Daftar Promo Paket Liburan Murah Lebaran 2017

Jalan raya telah menjadi arena para pemudik setiap tahunnya untuk berjuang melawan macet. Kementrian Pehubungan pun telah menyiapkan berbagai macam strategi untuk mengurangi kemacetan dari tahun ke tahun. Dari memperluas lebar jalan hingga mengubah jalan dua arah menjadi satu arah. Semua itu dilakukan karena jumlah pemudik dan kendaraan selalu bertambah setiap tahun. Jika B’timers adalah salah satu pemudik yang galau karena bingung bagaimana cara mengatasi arus mudik. Ada tiga cara yang bisa dilakukan agar mudik Anda lebih mudah, yaitu mengatur waktu mudik, menggunakan transportasi umum, dan mempersiapkan rute perjalanan.

Mengatur waktu mudik. Waktu puncak arus mudik biasanya terjadi antara H-7 hingga H-3 sebelum Lebaran. Begitu juga puncak arus balik, biasanya terjadi antara H+3 hingga H+7. Jika Anda ingin terhindar dari kemacetan, maka sebaiknya hindari waktu-waktu itu. Bagi karyawan atau PNS, bisa mengatur waktu dengan cara mengambil jatah cuti yang belum diambil. Bagi non karyawan dan non PNS seperti pengusaha, pedagang dan lain-lain bahkan bisa lebih mudah mengatur waktu mudik dan balik. Aturlah waktu agar bisa mudik lebih awal dan balik lebih lambat. Namun jika tidak bisa mengatur dua-duanya, minimal salah satu. Mudik lebih awal atau balik lebih lambat.

Hampir Lebaran, Begini Cara Atasi Arus Mudik | Breaktime
Akan ada petugas yang membantu para pemudik
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Situs Travel Hotel dan Penerbangan Untuk Mudik

Usahakan menggunakan transportasi umum. Dengan menggunakan transportasi umum, maka Anda telah membantu untuk mengurangi kemacetan. Jumlah pemudik yang membawa mobil pribadi sudah terlampau banyak. Padahal ada banyak transportasi umum yang menyediakan tiket dengan harga terjangkau. Banyak bus-bus yang senantiasa setia menunggu para penumpang untuk diantarkan ke kampung halaman masing-masing. Ada bus Kramat Jati dan Lorena ke Surabaya, ada PO Haryanto dan Safari ke Pati dan Semarang, Ada PO Handoyo rute Jakarta – Magelang, Solo, Yogyakarta dan Wonogiri, ada bus Maju Lancar ke Yogyakarta, Ada Rosalia ke Solo. Begitupun juga dengan kereta api dan pesawat terbang. Kementrian Perhubungan telah menyediakan jumlah yang lebih banyak dari biasanya untuk mengantisipasi jumlah penumpang yang membludak. Kesempatan ini bisa diambil untuk mengurangi penggunaan mobil pribadi dan membantu mengurangi kemacetan. Tentu manfaatnya bisa dirasakan bersama.

Jika Anda terpaksa membawa mobil pribadi, Tentukan dan pastikan rute perjalanan mudik Anda, seperti lewat jalur pantura atau tol baru Cipali. Cari informasi terkini dari jalur pilihan tersebut, terutama mengetahui daerah atau kota mana saja yang Anda lewati terjadi kemacetan. Siapkan pula jalur alternatif jika memang kemacetan yang dialami tiada tara. Anda bisa menggunakan Google Map atau aplikasi lain yang membantu Anda menemukan rute alternatif. Anda juga sebaiknya selalu memantau perkembangan informasi di internet maupun sosial media mengenai titik – titik rawan macet agar Anda bisa menghindari dan sampai ke tujuan lebih cepat.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Diare Saat Travelling, No Way! Ikuti Tips Ini

Mudik harus dibawa asyik ya B’timers. Tips diatas merupakan tiga cara utuk mengatasi arus mudik. Anda juga harus mengantisipasi kemungkinan lain seperti cuaca buruk, kendaraan ngadat, dan lain lain. Persiapan yang matang dapat membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Sehingga Anda sampai di kampung halaman pun dengan wajah ceria. 



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE