Gak Boleh Sembarangan. Etika yang Harus Kamu Lakukan Saat ke Museum | Breaktime
Gak Boleh Sembarangan. Etika yang Harus Kamu Lakukan Saat ke Museum
22.05.2018

Berkunjung ke museum tetap ada etika dan tata krama yang harus kamu patuhi sekali pun kamu masuk dengan membayarnya. Etika ini ada bukan tanpa alasan, melainkan untuk melindungi karya-karya para seniman yang sedang dipamerkan agar karyanya tetap terjaga dengan baik dan tidak sampai rusak. Ini dia etika ke museum yang perlu banget kamu perhatikan guys ;)

1. Tidak berisik dan membuat keonaran

Karena museum adalah tempat umum dan bukan hanya kamu saja yang ada di sana, kamu harus menjaga sikap agar tidak berisik atau membuat kegaduhan. Hal ini bisa saja mengganggu kenyamanan orang lain yang sedang menikmati karya seni yang ada.

2. Tidak menghalangi karya seni

Melihat dan mengamati karya seni yang ada itu hal yang sah dan boleh-boleh saja dilakukan, tapi ingat untuk tetap menjaga jarak agar tidak terlalu dekat dengan karya seni agar orang lain yang juga sedang ingin melihatnya tidak terhalangi olehmu.

3. Tetap memperhatikan langkah

Usahakan tetap memperhatikan langkah di setiap tempat yang kamu lewati. Karena biasanya ada pembatas jalan untuk memberi jarak karya seni agar tidak tersenggol oleh langkahmu.

4. Tidak memotret menggunakan flash

Flash yang ada di kamera bisa saja merusak materi yang ada dalam karya seni yang sedang dipamerkan. Boleh banget berfoto di museum, asal jangan lupa untuk selalu menjaga karya seni yang ada ya!

5. Tidak menyentuh karya seni

Memakai flash saat berfoto saja tidak boleh, apalagi menyentuh karya seni yang sedang dipamerkan di museum. Jangan hanya demi feed instagram yang 'nyeni', kamu harus mengorbankan karya seni yang ada yaaa. Tidak menyentuh karya seni itu juga termasuk sikap menghargai seniman yang punya karya lho ;)

6. Tidak makan, minum, dan merokok di museum

Bisa saja saat kamu makan tiba-tiba bahan makanan menumpahi atau mengenai karya seni, siapa yang tau kan? Nah peraturan ini bertujuan untuk menghindari hal ini terjadi.

Dengan adanya etika yang harus dilakukan saat di museum ini, diharapkan kita semua mengerti bahwa aturan-aturan ini dibuat pasti karena mempunyai tujuan yang baik. Dan dengan melakukan semua etika ini, berarti kamu juga udah menghargai seniman serta karya-karya yang ada di museum ;).



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE