Eksotisme Liburan Island-Hopping di Yunani | Breaktime
Eksotisme Liburan Island-Hopping di Yunani
29.08.2017

Yunani, salah satu negara di Eropa bagian tenggara ini tersohor dengan eksotisme wisata pulau dan reruntuhan sisa kejayaan peradaban Yunani kuno. B’timers yang tertarik menginjakkan kaki ke Yunani dalam destinasi wisata selanjutnya pasti kebingungan karena banyaknya pulau di kawasan Yunani yang bisa anda kunjungi. Di kalangan travelers, Yunani terkenal dengan wisata island-hopping menggunakan kapal pesiar nan mahal. Padahal jika Anda cermat menyusun itinerary, B’timers bisa kok menikmati budget holiday menjelajahi keelokan alam Yunani.

Terdapat lebih dari 200 pulau berpenghuni di Yunani yang bisa Anda telusuri satu persatu. Setiap pulau memiliki karakter khas masing-masing, mulai dari Cyclades yang identic dengan rumah-rumah whitewashed cave nan unik, Ionian yang subur menghijau, Tinos yang terkenal dengan gereja khusus bagi Perawan Maria, Santorini surganya pasangan yang berlibur honeymoon, Mykonos yang beken dengan kehidupan mmalamnya, hingga Dodecanese yang dihiasi berbagai kastil kuno peninggalan zaman Perang Salib. Namun jika terbatas biaya, Anda bisa browsing sebanyak mungkin sebelum terbang ke Yunani untuk menemukan tempat-tempat yang bisa dikunjungi dengan murah bahkan gratis.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
5 Cara Berburu Tiket Murah Tanpa ke Travel Fair

Secara umum, kepulauan Yunani dibagi menjadi 6 kelompok pulau utama dan pulau Kreta. Island-hopping di Yunani akan lebih mudah dilakukan dengan menjelajahi satu kelompok kepulauan terlebih dahulu, daripada wisata antar kepulauan berbeda. Misalnya, Anda dapat menaiki kapal ferry atau hydrofoil dari Mykonos ke Santorini di gugusan kepulauan Cyclades. Sebaliknya, dari Santorini ke Corfu yang terletak di gugusan kepulauan Ionian, Anda harus terbang atau berlayar ke Athena terlebih dahulu sebelum lanjut terbang ke Corfu. Sebagai contoh, B’timers dapat memilih naik kapal ferry dari Athena ke Santorini, alih-alih naik pesawat yang tentunya jauh lebih mahal. Pilihlah moda transportasi paling terjangkau dengan prinsip “semakin lambat semakin murah.” Kecuali Anda dikejar waktu, tak masalah kok menghabiskan waktu tempuh yang jauh lebih lama karena Anda juga bisa lebih menikmati keindahan lautan di sepanjang gugusan kepulauan Yunani serta bangunan rumah tradisional dan gereja unik, pemandangan yang tak akan Anda dapatkan saat naik pesawat. 8 jam perjalanan naik ferry membelah laut Aegean dijamin bakal menjadi pengalaman liburan yang tak terlupakan. 

Eksotisme Liburan Island-Hopping di Yunani | Breaktime
Keelokan lepas pantai Yunani dengan birunya laut dan bangunan aneka warna.

B’timers juga bisa menyesuaikan anggaran liburan Anda dengan waktu kunjungan. Kecuali Anda merupakan seorang party-goers, hindari berlibur ke Yunani pada saat musim panas. Pulau-pulau seperti Santorini, Mykonos, dan Zakynthos merupakan kawasan yang populer dengan hiburan malam ketika summer holiday. Agar lebih hemat namun tetap bisa menikmati cuaca cerah Yunani, datanglah saat musim semi atau musim gugur. Anda juga bisa berkunjung di bulan Januari ketika Yunani masih musim dingin namun tetap hangat dengan temperatur 17 derajat serta menikmati matahari yang bersinar cerah, langit berawan putih dan terang kebiruan, dan tak lupa sunset view yang spektakuler. Anda juga dijamin mendapatkan suasana liburan di Yunani yang jauh lebih tenang dan damai dari wisatawan yang cenderung ramai saat peak season.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Agar Tak Tertipu Biro Perjalanan Umroh, Catat!

Awal bulan Juni atau September juga menjadi waktu liburan yang ideal dengan cuaca yang menyenangkan dan wisatawan yang tak terlalu ramai. Puncak musim liburan di Yunani ialah saat musim panas, yaitu sekitar pertengahan Juni hingga pertengahan September. Di beberapa pulau terpencil, wisatawan mulai ramai sekitar bulan Agustus. Saat musim liburan, B’timers akan mendapati semakin banyaknya jalur kapal ferry yang dibuka namun dengan semakin banyak wisatawan yang berebut kapal serta harga antar kapal yang saling bersaing. Setiap gugusan kepulauan memiliki ciri khas cuaca masing-masing. Kreta, misalnya, terkenal dengan cuaca hangat sepanjang tahun sehingga Anda tetap bisa berlibur ke sana dengan nyaman meski saat musim gugur maupun musim dingin. Hydra, cenderung ramai dengan atraksi wisata sepanjang tahun, sedangkan Santorini cenderung tenang saat musim dingin. Sekitar Paskah merupakan saat terbaik untuk menjelajah seluruh kawasan Yunani yang pasti diramaikan dengan keceriaan festival dan parade tradisional. Seperti berbagai kota besar di Eropa, liburan di Yunani tak akan lengkap bagi B’timers tanpa menjajal fasilitas free walking tour ke berbagai situs bersejarah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Safe Travelling Meski Tengah Berbadan Dua

Anda tentu sudah tak sabar untuk segera mengemas bawaan dan memesan tiket ke Yunani kan? B’timers yang tengah berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa di Eropa juga bisa lho memanfaatkan kartu ISIC (International Student Identity Card) Anda untuk mendapatkan diskon bahkan tiket masuk gratis di berbagai kawasan wisata di Yunani, seperti Acropolis, Agora, Teater Dionysius, Kerameikos, Kuil Olymian Zeus, hingga Perpustakaan Hadrian. (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE