Destinasi Nusantara Untuk Libur Panjang 2017 | Breaktime
Destinasi Nusantara Untuk Libur Panjang 2017
18.01.2017

Tahun baru, resolusi baru, destinasi baru? Memasuki periode awal tahun, tak ada salahnya B'timers menyusun kembali itinerary dan resolusi traveling selama dua belas bulan ke depan.

Sepanjang tahun 2017 terdapat 20 hari libur yang terdiri dari 16 libur nasional dan 4 hari cuti bersama. Berikut sejumlah destinasi wisata pilihan bagi B'timers untuk libur panjang di tahun 2017.

28 Januari, Libur Imlek

Perayaan Imlek atau Tahun Baru China sangat meriah di sejumlah kota di Indonesia, salah satunya Singkawang di Kalimantan Barat. Di Singkawang, perayaan Imlek sangat meriah dengan digelarnya Festival Singkawang yang bersolek dengan lampion, patung naga, serta pesta kembang api.

14 April, Libur Wafat Isa Al Masih

Jatuh pada hari Jumat, B'timers bisa memanfaatkan libur lebih lama dengan mengambil cuti pada 12-13 April. Merasakan perayaan hari besar umat Nasrani di kawasan timur Indonesia, seperti Maluku dan Flores. Di Saumlaki Maluku Tenggara Barat, terdapat Monumen Kristus Raja dan tugu pembaptisan pertama di Desa Olilit Timur. 

Destinasi Nusantara Untuk Libur Panjang 2017 | Breaktime
Perayaan Tahun Baru China di Singkawang dimeriahkan festival naga dan barongsai

24 April, Libur Isra Miraj Nabi Muhammad

Libur Isra Miraj ini jatuh pada hari Senin, B'timers bisa libur empat hari dengan catatan mengambil cuti hari Jumat 21 April. Salah satu destinasi menarik untuk dikunjungi pada liburan ini adalah Pulau Lombok yang juga terkenal dengan julukan Pulau Seribu Masjid. Ada banyak festival keagamaan yang digelar di bagian dari provinsi Nusa Tenggara Barat ini.

1 Mei, Libur Hari Buruh Internasional

Sama dengan libur Isra Miraj, libur Hari Buruh Internasional juga jatuh pada hari Senin, sehingga B'timers bisa libur lebih lama apabila mengambil cuti hari Jumat sebelumnya. Bulan Mei sangat tepat untuk menikmati destinasi tropis, seperti Danau Toba. Destinasi ini menawarkan beberapa tempat seperti Pulau Samosir, Makam Raja Sidabutar, Patung Sigale-gale, dan Museum Rumah Adat Batak.

Destinasi Nusantara Untuk Libur Panjang 2017 | Breaktime
Monumen Yesus Memberkati, destinasi menarik di Manado saat Libur Paskah

25 Mei, Libur Kenaikan Isa Al Masih

Libur Kenaikan Isa Al Masih 25 Mei jatuh pada hari Kamis, sehingga B'timers bisa liburan empat hari jika mengambil cuti pada Jumat 26 Mei. Manado bisa menjadi pilihan pada Libur Paskah ini dengan beragam destinasi seperti Patung Yesus Memberkati, Suasana Paskah di Kota Tomohon, serta wisata alam di Danau Linow dan Gunung Mahawu.

1 Juli, Hari Lahir Pancasila

Libur ini juga jatuh pada hari Kamis, sehingga B'timers bisa memanfaatkan liburan lebih panjang. Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan keindahan alam dan pantainya sangat tepat dikunjungi pada periode pertengahan tahun ini. Beragam destinasi yang bisa dikunjungi seperti Kepulauan Komodo di Labuan Bajo, Danau Kelimutu di Ende, Alor, dan Pulau Sumba.

Destinasi Nusantara Untuk Libur Panjang 2017 | Breaktime
Danau Toba bisa menjadi destinasi alternatif untuk libur nasional

25-26 Juni, Libur Idul Fitri

Libur Idul Fitri jatuh pada hari Selasa dan Rabu, 25 - 26 Juni, namun pemerintah memberikan cuti bersama pada 23 Juni dan 27-28 Juni sehingga jatah libur Idul Fitri menjadi enam hari. Karena jatah libur cukup lama, B'timers bisa berkunjung ke destinasi dengan durasi yang cukup lama, seperti Raja Ampat. Sejumlah destinasi yang bisa dikunjungi antara lain Wayag, Pianemo, Gunung Botak, dan Pulau Rufas.

1 September, Libur Idul Adha

Libur Idul Adha tahun ini jatuh pada hari Jumat, B'timers bisa mendapatkan waktu libur empat hari dengan catatan mengambil cuti pada Kamis 31 Agustus. Semarang bisa menjadi destinasi pilihan sekeluarga. Ibukota Jawa Tengah ini terkenal dengan wisata sejarah dan kuliner. Jangan lewatkan pula destinasi lain di sekitar semarang seperti Museum Kereta Api Ambarawa dan Candi Gedung Songo.
 

Destinasi Nusantara Untuk Libur Panjang 2017 | Breaktime
Menikmati keindahan bawah laut Nusantara tepat dilakukan saat libur pertengahan tahun

1 Desember, Maulid Nabi Muhammad

Awal Desember, libur nasional kembali jatuh pada hari Jumat (1 Desember). Salah satu destinasi yang tepat untuk dikunjungi saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah Jogjakarta. B'timers bisa menyaksikan tradisi Grebeg Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang diselenggarakan di Alun-alun Utara. Wisatawan dan pengunjung biasanya akan memperebutkan isi Gunungan yang konon membawa berkah.

25 Desember, Libur Natal

Hari Raya Natal tahun ini jatuh pada hari Senin, sehingga B'timers bisa memanfaatkan libur empat hari dengan mengambil cuti pada Jumat 22 Desember. Bali dengan segala ragam wisata yang ada menjadi pilihan tepat untuk liburan Natal dan akhir tahun. B'timers bisa berkunjung ke Ubud yang lebih tenang dan tak seramai kawasan Kuta. Tempat-tempat yang bisa dikunjungi antara lain Air Terjun Tegunungan, Air Terjun Tibumana, Pura Tampaksiring, dan Candi Tirta Empul. (za)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE