Dengarkan Musik Saat Menyetir? Ini Tipsnya! | Breaktime
Dengarkan Musik Saat Menyetir? Ini Tipsnya!
11.10.2016

Jika Anda menikmati berkendara sambil mendengarkan musik, maka harus ketahui hal-hal yang akan diulas berikut ini. Mendengarkan musik saat berkendara akan membuat Anda merasa lebih bahagia, khususnya pada saat terjebak dalam kemacetan. Hal ini akan mengurangi tingkat stress Anda di jalan. Nah, berikut ini akan diberikan tips mendengarkan musik saat berkendara, khususnya untuk Anda yang mengendarai sepeda motor.

Menggunakan satu earbud

Saat berkendara, gunakan satu ujung earphone Anda. Hal ini dilakukan agar Anda masih mendengar suara klakson dan laju dari kendaraan lain. Selain itu juga, agar Anda bisa membagi focus berkendara dengan mendengarkan musik.

Ikuti aturan 60/60

Suara musik yang terlalu kencang apalagi jika Anda hanya menggunakan satu ujung earphone dapat mengganggu atau bahkan merusak pendengaran Anda. Oleh karena itu, nyalakan musik dengan volume 60 persen dari volume maksimal, yaitu 105 desibel dan dilakukan selama maksimal 60 menit dalam satu hari.

Dengarkan Musik Saat Menyetir? Ini Tipsnya! | Breaktime
Tetap hati-hati saat berkendara sambil mendengarkan musik

Mematuhi aturan

Banyak tempat atau jalanan yang membuat aturan untuk tidak mendengarkan musik saat berkendara. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan tentunya, oleh karena itu jika Anda berada pada jalanan atau tempat yang memiliki aturan tersebut, maka biarka musik Anda mati untuk sementara selama Anda melintasi kawasan tersebut.

Mendengarkan lingkungan sekitar

Menggunakan earphone dianggap sebagai antisosial. Untuk itu sebaiknya tinggalkan saja itu di rumah dan Anda bisa menikmati pemandangan selama perjalanan, mendengarkan suara-suara dari percakapan orang lain atau apapun yang Anda temui selama dalam perjalanan.

Itulah beberapa tips sederhana untuk Anda yang lebih menikmati perjalanan dengan mendengarkan musik saat berkendara. Namun, sebaiknya tidak perlu melakukan hal itu demi kesehatan pendengaran B’timers sendiri. (vpd)

Share This Article