Dapat Gangguan Hewan di Alam Bebas? Ini Tipsnya! | Breaktime
Dapat Gangguan Hewan di Alam Bebas? Ini Tipsnya!
26.07.2016

Anda suka beraktivitas di alam bebas, B’timers? Ada banyak kegiatan menyenangkan yang dapat Anda lakukan di luar rumah. Dan tidak sedikit yang menggemari hobi dengan tantangan, lho. Mulai mendaki, menjelajah hutan, menyusuri sungai maupun goa, yang cukup beresiko. Namun ini tidak menyiutkan nyali para petualang. Salah satu resiko adalah bertemu hewan liar. Simak tips menghindari mereka di alam bebas berikut, yuk, B’timers!

Dapat Gangguan Hewan di Alam Bebas? Ini Tipsnya! | Breaktime
Meski terlihat sendiri, biasanya induk tak jauh darinya

Jauhi hewan yang bersama anaknya

Biasanya hewan liar hanya menyerang jika merasa terancam saja, B’timers. Dan salah satu sebab hewan itu mengganggu, adalah saat merasa anaknya terpojok. Nah, karena itu, sebaiknya jangan pernah coba mendekati anak hewan liar, meskipun terlihat tidak berbahaya, ya, B’timers.

Usahakan tidak pergi di malam hari

Kebanyakan hewan yang tinggal di alam liar menjadi lebih aktif saat hari gelap, lho. Sebut saja beberapa hewan buas, seperti macan. Jika Anda memiliki rencana untuk mendaki, sebaiknya pilih waktu di siang atau pagi hari saja, B’timers. Selain itu, hentikan aktivitas pada malam hari, ya?

Dapat Gangguan Hewan di Alam Bebas? Ini Tipsnya! | Breaktime
Jangan panik dan tetap tenang saat bertemu ular

Tenang dan jangan panik saat bertemu ular

Meskipun kebanyakan ular yang ada di Indonesia termasuk golongan yang tidak berbisa, namun ketika tiba-tiba bertemu ular, itu bisa membuat kita bingung dan panik. Padahal tips terbaik yang harus Anda ketahui adalah diam di tempat dan tenangkan diri, dengan begitu ular tidak menyerang.

Kenakan pakaian lengkap dan tertutup

Sangat penting untuk memperhatikan pakaian yang Anda kenakan ketika akan melakukan aktivitas di alam bebas, B’timers. Selain mengenakan sepatu khusus untuk kegiatan outdoor, sebaiknya kenakan kaos lengan panjang dan celana panjang. Jika perlu, kenakan juga topi, untuk melindungi kepala.

Hindari duduk di batu besar atau pogon tumbang

Anda tahu, jika biasanya ular atau kalajengking senang bersembunyi di sela batu dan kayu? Karena itu, selalu berhati-hatilah ketika akan beristirahat. Periksa terlebih dahulu tempat-tempat yang akan Anda gunakan untuk istirahat untuk menghindari gangguan dari hewan liar, B’timers.

Selain itu, yang paling penting jika Anda akan berpetualang di alam liar, jangan pernah menggunakan parfum ataupun sabun, ya, B’timers? Karena biasanya aroma menyegarkan akan mengundang serangga untuk datang. Nah, selamat berpetualang, B’timers! (NO)

Share This Article