Cosmetic Shopping ke Korea? Ini Tipsnya | Breaktime
Cosmetic Shopping ke Korea? Ini Tipsnya
16.08.2017

Sudah jadi rahasia umum bahwa Korea Selatan saat ini menjadi surganya wisata belanja kosmetik. Hal ini tak terlepas dari budaya masyarakat Korea Selatan yang sangat mengagungkan penampilan. Selain kualitas tiap item, beauty and skincare products bikinan Korea Selatan hampir semuanya berlomba menjajakan bentuk yang lucu-lucu dan brand ambassador seleb Korea papan atas.

Bicara tentang cosmetics shopping di Korea Selatan tentu tak bisa melewatkan distrik Myeongdong. Mulai dari produk kecantikan dan perawatan tubuh dari puncak kepala hingga ujung kaki, semuanya lengkap tersedia di sepanjang jalanan Myeongdong. Wilayah yang terletak di Seoul ini telah dinobatkan sebagai “the most expensive shopping street” peringkat kesembilan di dunia. Tak hanya kosmetik, di kompleks Myeongdong ini juga dijual berbagai perlengkapan busana dan kosmetik. Nah, agar B’timers tak kalap dan berbelanja di luar budget, simak tips berbelanja kosmetik di Korea berikut ini yang dirangkum dari beberapa travel blogger ternama.

Pertama, ingat-ingat lagi, kenapa sih Anda perlu berbelanja produk kosmetik Korea Selatan langsung ke negara asalnya? Baru-baru ini, berbagai lini kosmetik tersebut telah membuka gerai satu-persatu di Jakarta. Sayangnya, begitu diimpor ke Indonesia, harganya bisa membengkak 2 hingga 3 kali lipat. Artinya, Anda sebaiknya membeli banyak produk sekaligus ketika cosmetics shopping di Korea, entah untuk dijual kembali atau konsumsi pribadi. Meski setiap produk dijual dengan harga relatif sama di semua toko, Korea Selatan rupanya mempunyai kebijakan tax refund seperti di negara-negara maju lainnya. Basically, pajak penjualan sebesar 7-10% hanya berlaku untuk barang yang dikonsumsi dalam negeri. Bagi turis asing, pajak tersebut dapat ditagih kembali sebelum meninggalkan Korea. Lumayan kan? Gimana sih mekanismenya?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Travelling with Kids ke Tempat Wisata Keluarga

Pajak penjualan yang termasuk dalam harga setiap produk akan dapat B’timers refund di tempat Anda membeli produk atau bahkan di bandara. Pastikan untuk berbelanja di toko yang melayani Immediate Tax Refund agar Anda tak lagi ribet mengurusnya di bandara menjelang kepulangan. Tax refund di Korea ialah sebesar 30.000 won, sehingga akan lebih praktis bagi Anda untuk berbelanja di 1 gerai yang menjual lebih dari 1 cosmetic brand. akan tetapi, bisa juga Anda membeli banyak produk di berbagai toko berbeda agar mendapat banyak free sample. Tapi bingung gak sih kira-kira mau berbelanja di toko yang mana?

Cosmetic Shopping ke Korea? Ini Tipsnya | Breaktime
Deretan toko kosmetik di distrik Myeong-dong

Meski hanya seluas 1 kilometer persegi, Anda akan tergagap ketika pertama kali menginjakkan kaki di distrik Myeongdong karena melihat jajaran toko kosmetik di sepanjang jalan yang seakan merayu Anda untuk menjelajahi semuanya satu-persatu. Daripada berjalan tanpa arah dan ujung-ujungnya berbelanja secara impulsif, sebaiknya Anda rencanakan terlebih dahulu produk apa saja yang akan Anda boyong dari Korea nantinya. Anda bisa membaca product review yang tertera di berbagai online shop atau ulasan berbagai beauty blogger.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pesona Kekinian Tempat Wisata Bogor dan Puncak

Selain melakukan riset kecil mengenai jenis dan merk produk, Anda sebaiknya mencari tahu di toko mana saja mereka dijajakan. Tak ada salahnya Anda menghabiskan hari pertama Anda di Myeongdong untuk berburu informasi mengenai gerai mana saja yang sedang ada promo. Shop assistants kebanyakan mampu berbahasa Inggris dan dengan senang hati membantu Anda, bahkan memberi Anda free sample apabila Anda bertanya dengan sopan. Ditambah lagi apabila Anda menggunakan beberapa istilah praktis dalam bahasa Korea untuk berbelanja, seperti anyeonghaseyo untuk menyapa, ye untuk iya, ani untuk tidak, atau gamsahamnida untuk terima kasih.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
6 Lokasi Syuting Acara Korea Ada Di Indonesia

Saat melakukan wisata belanja di Myeongdong, B’timers juga dapat menginap di berbagai hotel yang tersedia di setiap sudut wilayah ini. Meski tarifnya cukup mahal dibandingkan dengan hotel di tempat lain, Anda tidak akan berjejalan di kereta apalagi sampai nyasar saat menuju Myeongdong. Uniknya, di setiap pintu masuk toko biasanya ditawarkan tester dan free sample dari setiap produk untuk menarik minat pengunjung. lumayan kan jika dikumpulkan? Eits, tapi jangan sampai barang belanjaan Anda over baggage ya! Harga yang dipatok untuk setiap kilogram kelebihan bagasi cukup mahal. Agar tidak khilaf, bawalah koper dengan kapasitas tertentu setiap kali berbelanja, jadi Anda tahu berapa banyak kosmetik yang sudah Anda kantongi. Sekedar informasi nih, untuk maskapai Korean Air kelas ekonomi, misalnya, bagasi yang disediakan maksimal 23 kilogram dan 8 kilogram bawaan yang boleh dibawa masuk ke kabin.

Terakhir, siapkan dulu tabungan sesuai dengan jumlah kosmetik yang ingin Anda borong, sebelum memesan tiket penerbangan ke Korea Selatan. Happy shopping, Ladies! (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE