Cari Informasi, Traveler Makin Percaya Pada Internet | Breaktime
Cari Informasi, Traveler Makin Percaya Pada Internet
20.06.2015

Sebuah riset mengungkapkan bahwa mayoritas traveler saat ini lebih mempercayai situs online sebagai acuan dalam merencanakan liburan. Apakah B'timers termasuk salah satunya?
 
Menurut hasil riset perjalanan terkemuka di dunia, Agoda, pada periode April hingga Mei 2015, 34% responden menyatakan bahwa mereka lebih memilih informasi via forum online sebagai sumber referensi dalam melakukan perjalanan.
 
Riset tersebut melibatkan lebih dari 5.500 responden dari seluruh dunia dengan pertanyaan seputar referensi mereka dalam melakukan panduan ketika merencanakan atau sedang dalam perjalanan.
 
Pada urutan kedua setelah forum online adalah blog atau situs perjalanan pribadi. Kini makin banyak travel blogger yang berbagi tips dan cerita perjalanan mereka di situs pribadi atau media sosial.
 
Dengan makin banyaknya travel blogger dan situs perjalanan pribadi, kini para pelancong sudah semakin jarang menggunakan buku panduan wisata dalam merencanakan liburan mereka.

Cari Informasi, Traveler Makin Percaya Pada Internet

Bila digabungkan dalam sebuah aplikasi perjalanan, maka sumber panduan online merupakan mayoritas pilihan pejalan dengan prosentase total sebesar 71 persen.
 
Selain mencari informasi, traveler kini juga makin giat berbagi pengalaman, foto, hingga video di internet, baik melalui media sosial maupun menuliskan sendiri di blog pribadi.
 
Banyaknya pilihan aplikasi media sosial, dari Facebook, Twitter, Instagram, hingga Path membuat para pejalan kini makin mudah berbagi pengalaman perjalanan mereka melalui internet.
 
Bagaimana dengan B'timers? Apakah masih menggunakan buku panduan seperti Lonely Planet atau lebih suka membaca dan mencari informasi tentang suatu destinasi melalui internet dan media sosial?

Share This Article