Cara Praktis Dompet Budgeting untuk Traveling | Breaktime
Cara Praktis Dompet Budgeting untuk Traveling
30.06.2016

B’timers senang travelling? Saya merupakan salah satu penggemar travelling, akan tetapi profesi saya sebagai konsultan keuangan, mengharuskan saya untuk tetap disiplin dalam menabung dan mengatur bagaimana caranya agar tidak terlalu overbudget. 

Saya sendiri mengalami, seringkali ketika kita travelling, budget yang sudah kita rencanakan baik-baik, seketika menjadi overbudget. Berbagai cara kita coba, salah satunya adalah cara praktis memakai dompet budgeting dari MoneyOlogy yang prinsipnya memudahkan kita mengontrol pengeluaran.

Berikut saya share pengalaman pribadi saya ke ketika travelling ke Jepang :

1. Sebelum berangkat, saya sudah melakukan riset dan sudah memperkirakan , berapa rata-rata pengeluaran saya setiap harinya. Di awal hari, saya memindahkan sejumlah uang yang sekiranya cukup untuk satu hari ke dalam dompet budgeting MoneyOlogy. Uang tersebut saya bagi ke dalam 4 “laci” atau “kompartemen”.

Kompartemen pertama untuk uang makan, kompartemen kedua untuk belanja, kompartemen ketiga saya pakai untuk menyimpan bon atau struk belanja (yang akan saya hitung di akhir perjalanan), dan kompartemen keempat saya pakai untuk menyimpan tiket shinkasen, daily bus ataupun tiket masuk museum atau wahana hiburan

 

Cara Praktis Dompet Budgeting untuk Traveling | Breaktime
Dompet budgeting sangat penting bagi Anda saat traveling

2. Di dompet lainnya, saya menyimpan sejumlah uang ekstra untuk berjaga jaga kalau-kalau ada kurang dana saat di perjalanan.

3. Ketika saya menghabiskan waktu berjalan-jalan seharian, saya pun berbelanja menggunakan uang tersebut. Ketika uang di kompartemen habis dan saya masih ingin berbelanja, itu sudah jadi peringatan buat saya untuk cukup berbelanja hari ini.

4. Sebenarnya kita bisa saja mengambil uang ekstra dari dompet yang lain, toh itu uang kita juga, tapi keberhasilan mengatur keuangan seseorang berasal dari disiplin dan konsistensi dalam berbelanja. Diharapkan dengan cara praktis ini, kita bisa tetap enjoy menikmati liburan tanpa overspending.
Selamat liburan panjang, B’timers! (fa)

Fauziah Arsiyanti SE. MM. ChFC

Konsultan keuangan dan Bisnis UKM
PT Fahima Advisory
www.fahimaadvisory.com
IG :MoneyOlogy

Share This Article