Cara Pintar Hindari Pencurian Bagasi Pesawat | Breaktime
Cara Pintar Hindari Pencurian Bagasi Pesawat
29.01.2016

Bagi B'timers yang sering melakukan perjalanan, kasus pembobolan dan pencurian bagasi di awal tahun ini tentu menjadi kabar yang kurang menggembirakan. Hal ini tentu menjadikan traveler lebih waspada sekaligus kecewa karena bagasi telah kita percayakan pada maskapai tertentu. Bahkan, terkadang kita harus membayar biaya tambahan.

Kehilangan barang-barang berharga di bagasi tentu sangat mengesalkan. Namun, ada beberapa trik yang bisa dilakukan B'timers untuk mengantisipasi kehilangan barang di bagasi

Bawa Barang Berharga Masuk Kabin

Jangan memasukkan barang penting, berharga, atau barang pecah belah ke dalam koper. Barang-barang tersebut sebaiknya dibawa masuk ke dalam kabin. Khusus barang pecah belah, sebaiknya dilaporkan pada petugas check-in agar diberi stiker fragile.
Pastikan Kode Bagasi
Setelah menyelesaikan proses bagasi di counter check-in, pastikan telah mendapatkan kode bagasi yang benar, sesuai nama dan kode penerbangan. Nomor kode bagasi ini penting untuk melakukan tracking apabila terjadi kehilangan atau kerusakan bagasi.

Cara Pintar Hindari Pencurian Bagasi Pesawat | Breaktime
Suasana counter check-in Bandara Ngurah Rai Denpasar Bali

Wrapping

Fasilitas wrapping atau membungkus dengan plastik ini ada di hampir setiap bandara. Harga wrapping untuk bagasi bervariasi, sekitar Rp 50.000. Dengan wrapping, setidaknya kita telah berusaha membuat bagasi kita aman dari pembobolan atau resiko kerusakan atau gesekan dengan benda lain di dalam bagasi pesawat.

Kunci Tambahan

Agar koper yang dimasukkan ke bagasi tidak mudah dibuka atau dibobol oleh oknum, tak ada salahnya menggunakan kunci tambahan. Selain kunci tambahan, gunakan koper yang memiliki kunci rahasia agar lebih aman.

Nah, dengan sejumlah tips tadi, perjalanan B’timers akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan karena barang bawaan bisa dipastikan aman turut serta sampai ke tujuan. (ZA)

Share This Article