Cara Mudah Apply Visa Berlibur ke Negeri Sakura | Breaktime
Cara Mudah Apply Visa Berlibur ke Negeri Sakura
01.12.2016

Jepang. Tak sedikit traveler Indonesia yang memasukkan Negeri Sakura dalam bucketlist. Saat ini liburan ke Jepang makin terjangkau dengan banyaknya promo tiket murah dari sejumlah maskapai. Setelah tiket di tangan, itinerary disusun, dan hotel pun sudah booking, ada satu hal yang sering menjadi penghalang traveler Indonesia menuju Jepang, yaitu visa.

Bagi B'timers yang sudah memiliki e-paspor, tak perlu repot mengurus visa karena bisa mendapatkan visa waiver secara gratis di Kedubes Jepang di Jakarta maupun Konjen Jepang di Surabaya. Tapi apabila kamu belum punya e-paspor, maka harus melakukan pengajuan visa secara manual dengan biaya paling murah Rp 330.000 (per Oktober 2016). Berikut hal-hal penting yang harus dilengkapi dan diperhatikan dalam pengajuan visa Jepang.

Cara Mudah Apply Visa Berlibur ke Negeri Sakura | Breaktime
Inilah surga bagi para penggemar anime dan manga, B’timers

1. Paspor

Hal paling penting sebelum mengajukan visa adalah paspor. Masa expiry paspor tidak boleh kurang dari enam bulan sebelum keberangkatan. Usahakan juga paspor kamu tidak kosong, setidaknya ada dua sampai tiga stempel visa dari negara tetangga yang bebas visa, seperti Malaysia, Singapura, atau Thailand.

2. Dokumen kependudukan

Dua dokumen kependudukan yang harus dimiliki adalah EKTP dan Kartu Keluarga (KK). EKTP asli harus dibawa pada saat penyerahan dokumen. EKTP dan KK tersebut harus difotokopi di kertas ukuran A4. Selain Ektp dan KK, kamu juga harus menyiapkan satu lembar pas foto terbaru ukuran 4,5 X 4, cm dengan latar belakang warna putih. Nantinya, pas foto ini untuk ditempel di lembar form pengajuan visa.

3. Rekening tabungan

Cara membuat rekening koran (rekening tabungan) tiga bulan terakhir sangat mudah. Kamu hanya perlu datang ke bank dan mengajukan permohohan rekening koran untuk pengurusan visa. Berapa saldo minimal untuk visa Jepang? Tidak ada ketentuan tertulis, namun ada rumus sederhana sebagai berikut: lama tinggal x biaya hidup x 2.

Misalnya kamu akan liburan di Jepang selama 7 hari dan anggap saja biaya hidup sehari di Jepang kurang lebih Rp 1 juta. Maka saldo minimal yang harus kamu miliki adalah 7 x Rp 1.000.000 x 2 = Rp 14.000.000.

Cara Mudah Apply Visa Berlibur ke Negeri Sakura | Breaktime
Kuil cantik merupakan daya tarik utama wisatawan ke Kyoto

4. Dokumen perjalanan

Sebelum mengajukan visa, B'timers harus sudah melakukan booking tiket pesawat pulang pergi dan booking penginapan selama di Jepang. Bukti pemesanan tiket dan hotel tersebut harus dicetak di kertas A4. Selain dokumen perjalanan, form pengajuan visa juga harus diisi dengan benar dan teliti.

5. Surat keterangan

Untuk B'timers yang berstatus karyawan, wajib menyertakan surat keterangan dari kantor tempat bekerja dengan kop surat resmi pada kertas A4. Untuk pelajar dan mahasiswa bisa menyertakan surat keterangan dari sekolah atau kampus. Sementara bagi wiraswasta, bisa menyertakan surat keterangan beserta SIUP/NPWP atau dengan materai Rp 6000.

Setelah berkas-berkas di atas semua lengkap, berikut urutan (dari bawah ke atas) penempatan berkas di dalam map: (1) surat kantor, (2) rekening koran, (3) itinerary, (4) print tiket PP dan booking hotel, (5) fotokopi EKTP dan EKTP asli, (6) formulir permohoonan visa dan foto yang sudah ditempel, (7) paspor

Proses pembuatan visa biasanya perlu waktu 3-4 hari kerja. Kita tidak akan pernah tahu apakah visa kita akan granted atau tidak. Apabila visa keluar, siapkan uang tunai Rp 330.000 sebagai biaya pembuatan visa. Apabila visa ternyata tidak approve, tidak perlu berkecil hati karena masih ada banyak waktu untuk mempersiapkan diri liburan ke Jepang. (ZA)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE