Buat Snorkel Seperti Baru, Ini Caranya! | Breaktime
Buat Snorkel Seperti Baru, Ini Caranya!
05.05.2017

Sekarang ini sedang ramai di kalangan wisatawan menikmati wisata alam bawah laut. Yap, apalagi kalau bukan snorkeling. Kegiatan ini bisa dilakukan oleh semua orang, karena Anda tidak akan menyelam ke dasar laut. Mungkin hanya beberapa meter saja untuk melihat kehidupan bawah laut yang cantik. Indonesia sendiri memiliki banyak pantai yang bisa digunakan untuk snorkeling. Mulai dari Sabang sampai Merauke banyak sekali lokasi snorkeling yang memiliki pesona luar biasa.

Untuk melakukan snorkeling juga nggak bisa sembarangan, dong. Tentu harus menggunakan peralatan khusus. Snorkel adalah salah satu dari beberapa alat selam permukaan. Snorkel digunakan agar Anda bisa tetap bernapas saat menyaksikan karya agung di bawah laut.

Baca juga : RAHASIA TIPS PRAKTIS PACKING ALAT SNORKELING

Ketika Anda memutuskan untuk membeli peralatan snorkeling, Anda harus rela menyisihkan waktu untuk merawatnya. Setidaknya, Anda harus rutin membersihkan snorkel setelah selesai menggunakannya. Ada beberapa langkah dan tips bagaimana membersihkan snorkel yang baik dan benar. Simak tipsnya berikut ini, yuk!

Setelah Anda menggunakan snorkel untuk menyelam. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membilasnya dengan air tawar atau air biasa. Bilas hingga setiap bagiannya terkena air yang mengalir. Tapi tidak cukup hanya dengan air saja. Anda bisa melanjutkan dengan menggunakan cairan khusus untuk mencuci snorkel. Cairan ini biasanya dijual di toko-toko alat selam. Selain menggunakan cairan khusus, Anda bisa juga menggantinya dengan air cuka atau hanya mencucinya dengan sabun cair. Hal ini dilakukan karena air laut itu korosif.

Buat Snorkel Seperti Baru, Ini Caranya! | Breaktime
Jangan letakkan snorkel tepat di bawah sinar matahari

Baca juga : JAGA EKOSISTEM LAUT, HINDARI INI SAAT SNORKELING

Setelah membilas dan mencucinya hingga bersih, jemur tapi jangan berada tepat di bawah sinar matahari. Sinar UV tak hanya merusak kulit saja, lho, ternyata juga bisa merusak peralatan snorkeling. Jika Anda menjemurnya di bawah sinar matahari, warna pada alat akan memudar atau bahkan berubah menjadi dekil. Jadi, sebaiknya gantungkan di tempat yang mudah terkena angin.

Ketika snorkel sudah kering, Anda bisa menyimpannya di tempat yang sejuk. Hindari tempat yang lembab. Solusinya, Anda bisa meletakkan snorkel di dalam kotak atau kantong. Sebelumnya, periksa juga apakah kondisi snorkel Anda masih baik. Biasanya tanpa disadari Anda akan mendapati bagian snorkel ada yang bocor atau sobek. Nah, trik sementara untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menambalnya dengan menggunakan selotip yang kuat.

Baca juga : SNORKELING AMAN, HINDARI 5 JENIS BIOTA LAUT INI

Untuk catatan, jangan pernah merendam alat snorkeling karena akan menyebabkan bau tak sedap. Jika tidak digunakan lagi, Anda juga harus tetap mengeceknya untuk membersihkan debu atau kotoran lainnya.

Ketika akan digunakan kembali, pastikan snorkel tetap bersih dan jaga agar peralatan Anda tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Tips tersebut dijamin akan membuat snorkel tetap terlihat kinclong seperti baru. Anda pun bisa menyelam dengan tenang dan bisa melihat kehidupan bawah laut dengan jelas. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE