Bisakah Anda Enjoy Berwisata Tanpa Gadget?
Bisakah Anda Enjoy Berwisata Tanpa Gadget?
06.01.2017

Hayo, coba ingat-ingat hal pertama apakah yang Anda lakukan begitu Anda tiba di tempat wisata? Tentu banyak dari Anda yang langsung meraih gadget Anda dan mengambil foto pemandangan atau menu makanan dan membagikannya di Instagram atau Facebook, bukan? Bahkan mungkin anak-anak Anda lebih memilih berdiam diri di dalam ruangan hotel dan bermain game di smartphone atau tablet daripada bermain-main di luar dan menikmati pemandangan alam.

Well, tentu saja aktivitas apapun yang Anda lakukan saat berwisata adalah sepenuhnya hak Anda. Akan tetapi coba pikirkan hal ini. Anda telah membayar tiket dan sewa kamar hotel yang cukup mahal namun Anda tetap melakukan hal sama seperti yang Anda lakukan di rumah. Interaksi antara anggota keluarga pun tidak bertambah sama sekali karena masing-masing anggota keluarga lebih memilih berinteraksi dengan gadget atau teman di dunia maya. Dan kalaupun Anda berwisata ke tempat wisata alam, Anda terlalu sibuk untuk mendapatkan foto yang sempurna dibandingkan dengan benar-benar menikmati keindahan alam di sekitar? Sayang sekali, bukan?

Yuk, ikuti tantangan traveling tanpa gadget!
Yuk, ikuti tantangan traveling tanpa gadget!

Dan jika Anda telah bertekad untuk benar-benar menikmati waktu wisata Anda, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meninggalkan gadget Anda di rumah, atau paling tidak anggap bahwa Anda tidak membawa gadget tersebut. Batasi akses Anda terhadap smartphone Anda, seperti saat pada malam hari setelah Anda selesai bersenang-senang atau beberapa jam sebelum tidur. Dengan demikian Anda tidak akan melewatkan momen-momen spesial saat berwisata namun Anda tetap dapat berkomunikasi dengan teman-teman atau anggota keluarga (jika Anda berwisata solo).

Langkah kedua, habiskan waktu sebanyak-banyaknya di luar. Jika Anda berwisata ke pantai maka habiskan waktu Anda untuk berenang, snorkling, berselancar, atau bermain voli pantai dan berjemur. Jika Anda berwisata di daerah pegunungan maka tantang diri Anda untuk melakukan aktivitas trekking, dan jika Anda berwisata ke sebuah kota, habiskan waktu Anda untuk menjelajahi spot-spot wisata di kota tersebut. Manfaatkan kelima indera Anda untuk mengabadikan pemandangan dan pengalaman yang Anda dapatkan. Dan percayalah, kenangan wisata Anda akan lebih berharga dibandingkan dengan ratusan foto di smartphone Anda.

Selamat berwisata, B’Timers! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE