Berencana Mendaki Kinabalu? Perhatikan 10 Hal Penting Ini | Breaktime
Berencana Mendaki Kinabalu? Perhatikan 10 Hal Penting Ini
19.05.2015

Gunung Kinabalu di Sabah, Malaysia, dengan puncak Low's Peak berada di ketinggian 4095,2 mdpl merupakan salah satu puncak tertinggi di Asia Tenggara dan berada di kawasan World Heritage Site Kinabalu Park.

Meski relatif mudah dan cocok bagi pendaki pemula, aktivitas mendaki Gunung Kinabalu tetap memerlukan persiapan khusus. Perjalanan dua hari satu malam dari checkpoint Kinabalu Park menuju puncak dan kembali ke Timpohon Gate akan menjadi pengalaman mendaki yang tak terlupakan.

Berikut 10 tips dari Breaktime buat Anda yang berencana mendaki Gunung Kinabalu:

Latihan dan Jaga Kondisi

Latihan fisik rutin selama kurang lebih dua minggu sebelum pendakian wajib dilakukan, seperti jogging, berenang, atau bersepeda. Jaga kesehatan dan kondisi tubuh. Hindari alkohol dan begadang. Mendaki Kinabalu -meski relatif mudah- tetap butuh ketahanan fisik dan mental yang prima. Suhu di puncak Kinabalu bisa mencapai 3 derajat celcius.

Booking dan Permit

Tidak semua orang bisa datang ke Kinabalu Park dan langsung mendaki. Kita harus mengurus perijinan sampai asuransi pendakian. Usahakan booking tiga sampai enam bulan sebelum pendakian. Kita bisa booking pendakian di Sutera Sanctuary Lodges, Sabah Parks, Mountain TORQ, dan Amazing Borneo. Harga paket bervariasi mulai dari RM600 sampai RM1000, tergantung paket yang kita pilih.

Berencana Mendaki Kinabalu? Perhatikan 10 Hal Penting Ini

Makanan dan minuman

Tiap paket pendakian sudah termasuk dinner, lunch, dan breakfast, sehingga kita tak perlu khawatir soal logistik selama perjalanan. Hanya saja, kita tetap perlu makanan kecil penambah kalori seperti coklat, biskuit, dan air putih atau minuman berenergi sebagai bekal selama pendakian. Di shelter Laban Rata dan Sayat-sayat, air yang mengalir bisa langsung kita minum karena berasal dari sumber air di puncak Kinabalu.

Pakaian dan sepatu

Saat memulai pendakian dari Timpohon menuju Laban Rata kita bisa memakai pakaian yang simpel, seperti celana pendek dan t-shirt. Siapkan satu pasang pakaian ganti untuk summit. Cuaca selama trek relatif sejuk dan sesekali panas di pagi dan siang hari. Saat sore cuaca cenderung basah dan lembab. Bawa jas hujan ringan yang terbuat dari plastik. Sepatu gunung wajib dipakai karena kondisi trek berbatu.

Peralatan

Jaket tebal atau windbreaker, penutup kepala, sarung tangan, dan headlamp atau senter juga perlu untuk pendakian malam hari ke puncak. Tak perlu membawa sleeping bag karena benda ini tak kita perlukan selama pendakian Kinabalu. Usahakan berat tas ransel tak lebih dari 6 atau 7 kg. Tongkat atau trekking pole bisa kita sewa dengan harga RM10.

Berencana Mendaki Kinabalu? Perhatikan 10 Hal Penting Ini

Obat-obatan

Obat pusing, demam, dan penghilang nyeri akan kita perlukan saat berada di shelter Laban Rata. Koyo, balsam, dan pereda nyeri otot juga kita perlukan untuk mengurangi rasa nyeri akibat pendakian. 

Istirahat

Tak perlu memaksakan diri saat mendaki maupun turun. Istirahat di tiap shelter selama tiga sampai lima menit akan membantu memulihkan stamina. Waktu normal pendakian menuju Laban Rata adalah lima sampai tujuh jam. Terdapat toilet dan air bersih di tiap shelter 

Disiplin Waktu

Ada beberapa rule yang harus kita ketahui, seperti batas waktu maksimal sampai Laban Rata pukul 16.00, batas dinner pukul 19.00, memulai summit pukul 02.00, checkpoint terakhir di Sayat-sayat pukul 05.00, dan mencapai puncak Low's Peak paling lambat pukul 06.30. Manfaatkan waktu yang ada dengan cermat dan seefisien mungkin.

Berencana Mendaki Kinabalu? Perhatikan 10 Hal Penting Ini

Jasa Porter

Bila bawaan kita cukup banyak dan berat, kita bisa memakai jasa porter yang akan membawa ransel kita saat naik dan turun gunung. Berikut tarif porter di Gunung Kinabalu:

  •      Timpohon Gate - Laban Rata - Timpohon Gate MYR 10 per kg (minimal 10 kg)
  •      Timpohon Gate - Laban Rata - Mesilau Gate MYR 12 per kg (min 10 kg)
  •      Mesilau Gate - Laban Rata - Timpohon Gate MYR 12 per kg (min 10 kg)
  •      Timpohon Gate - Summit - Timpohon Gate MYR 15 per kg (min 10 kg)
  •      Timpohon Gate - Summit - Mesilau Gate MYR 17 per kg (min 10 kg)
  •      Mesilau Gate - Summit - Timpohon Gate MYR 17 per kg (min 10 kg)

Stay safe

Tetap waspada dan fokus selama pendakian maupun saat turun gunung. Kondisi trek yang berbatu, berundak-undak, dan tangga kayu membutuhkan kewaspadaan tinggi terutama di musim hujan. Mendaki dengan tali saat menuju puncak juga membutuhkan ketahanan fisik dan fokus tinggi. Jangan sampai hal-hal kecil membuat kita gagal menaklukkan puncak Kinabalu.

 Selamat mendaki Summit of Borneo!

Share This Article