6 Tips Travelling ke Daerah Rawan Gunung Meletus | Breaktime
Bekali Diri dengan 6 Hal Ini Sebelum Travelling ke Daerah Rawan Gunung Meletus
01.07.2015

Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan mengalami bencana gunung meletus. Tidak kurang dari 83 gunung berapi aktif di Indonesia. Tidak heran jika selalu ada berita tentang bencana gunung meletus setiap tahunnya, seperti yang saat ini terjadi pada Gunung Raung.

Maka dari itu, untuk B’timers yang hobi traveling ke daerah pegunungan, ada baiknya bekali diri dengan informasi berikut ini:

Ketahui tanda peringatan

Selalu perhatikan peringatan dari televisi, radio, ataupun smartphone yang Anda bawa. Informasi dan peringatan semacam ini dimaksudkan untuk mengetahui langkah selanjutnya yang harus diambil.

Patuhi instruksi darurat

Pada saat bencana datang, jangan sekali-kali mengabaikan instruksi darurat yang diberitahukan kepada Anda. Sangat penting sekali untuk mengikuti segala acam instruksi darurat yang diperintahkan, karena tidak sedikit jumlah korban yang meninggal akibat letusan gunung berapi.

Pergi ke tempat tinggi

Pergi ke tempat yang lebih tinggi untuk hindari lava, lahar, ataupun lumpur
Pergi ke tempat yang lebih tinggi untuk hindari lava, lahar, ataupun lumpur

Tidak jarang, letusan gunung berapi diikuti dengan lava, lahar, lumpur dan juga banjir. Oleh sebab itu jika Anda berada di zona yang tidak aman, lebih baik segera cari tempat yang tinggi ataupun menemukan lokasi untuk berlindung.

Masuk ke dalam ruangan

Untuk menghindarkan diri Anda dari serangan abu vulkanik, masuklah ke dalam rumah dan kemudian tutup semua jendela dan pintu sebelum mendapatkan instruksi selanjutnya. Amankan semua barang-barang yang Anda miliki, kendaraan dan juga bahan makanan untuk stok beberapa hari ke depan.

Lindungi diri dari piroklastika

Piroklastika adalah muntahan bebatuan serta gas yang dikeuarkan saat erupsi gunung merapi. Maka dari itu, lindungi diri Anda dengan tetap berada pada sisi yang berlawanan dengan arah letusan gunung. Dan jika Anda terpaksa menghadapi piroklastika, lindungi kepala dengan menggunakan benda-benda di sekitar.

Pergi ke balai pengobatan jika diperlukan

Jika dirasa ada tubuh Anda yang kurang baik ataupun luka segera pergi ke balai pengobatan untuk dapatkan penanganan yang lebih cepat. Ingat, dalam kondisi serba tak menentu saat terjadi bencana, penyakit atau luka yang ringan sekalipun bisa mengancam nyawa Anda.

Baca Juga : WOW, SURGA DUNIA ADA DI 4 GUNUNG INI

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan selama traveling, jangan lupa juga untuk mengajak serta pemandu yang sudah menguasai medan dan membekali diri dengan peralatan yang memadai.

Share This Article