Cara Traveling Menuju Gili Labak di Pulau Madura | Breaktime
Begini Cara Traveling Menuju Gili Labak di Pulau Madura
25.01.2016

Pulau Madura memang memiliki keragaman dan keindahan wisata budaya maupun alam yang masih belum banyak diketahui. Gili Labak menjadi salah satu destinasi unik yang masih belum banyak dijamah wisatawan domestik.
Gili Labak merupakan sebuah pulau kecil di timur Sumenep yang memiliki keindahan alam dan panorama yang tergolong perawan. Tak hanya memiliki pantai dengan pasir putih yang sangat bersih, bawah laut Gili Labak juga memiliki keindahan terumbu karang yang masih alami.
Pulau ini terletak di Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, tepatnya di sebelah timur Poteran, atau arah tenggara kota Sumenep. Ada beberapa rute atau jalur menuju Gili Labak dari Sumenep, yakni melalui sejumlah pelabuhan kecil yang ada di kota ini, berikut beberapa di antaranya.

Cara Traveling Menuju Gili Labak di Pulau Madura | Breaktime
Destinasi pulau yang cantik ini masih relatif sepi dari wisatawan

Pelabuhan Kalianget

Pelabuhan Kalianget merupakan rute yang paling banyak digunakan wisatawan menuju Gili Labak. Letaknya begitu strategis dan sangat mudah dijangkau oleh wisatawan dari arah kota Sumenep. Setiba di pelabuhan, wisatawan bisa langsung mencari perahu untuk disewa menuju Gili Labak. Saat ini juga sudah banyak jasa tour yang menyiapkan perahu dan mengantarkan B’timers ke sana.

Baca Juga: Guide Traveling Ke Madura

Desa Lobuk

Desa Lobuk memiliki pelabuhan kecil yang biasa digunakan oleh warga sekitar menuju dua pulau kecil lainnya, yaitu Gili Genting dan Gili Raja. Pengunjung yang berasal dari luar kota Sumenep akan lebih dekat melewati rute pelabuhan Desa Lobuk ini.

Tanjung Saronggi

Tempat lain yang bisa dijadikan rute menuju Gili Labak adalah Saronggi. Dari pertigaan Saronggi, B’timers bisa berjalan ke timur hingga mencapai pantai. Di kawasan ini terdapat banyak perahu kecil di dermaga sebagai transportasi menuju Gili Labak.

Desa Kombang

Lokasi desa ini berada di Kecamatan Talango dengan rute hampir sama untuk menuju Kalianget. Terdapat sejumlah perahu kecil yang bisa disewa untuk menuju Gili Labak.
Dari keempat rute tersebut waktu yang dibutuhkan menuju Gili Labak hampir sama, yaitu sekitar dua jam. Karena belum ada kapal besar, penyeberangan ke Gili Labak sangat tergantung pada cuaca, angin, dan ombak yang kerap mengganggu perjalanan laut.
 Ongkos perahu ke Gili Labak bervariasi, mulai dari Rp 500.000 sampai Rp 600.000 per perahu. Agar memperoleh harga lebih murah dan hemat, sebaiknya berangkat secara berkelompok atau share cost sekitar 8 sampai 10 orang. Saat ini juga sudah ada beberapa tour operator yang menawarkan jasa wisata ke Gili Labak dengan harga sangat terjangkau. (ZA)

Share This Article

Tagging: