Bandara Asia Tenggara dengan Runway Terpanjang | Breaktime
Bandara Asia Tenggara dengan Runway Terpanjang
13.10.2016

Bandar udara atau bandara merupakan salah satu pintu gerbang utama bagi traveler masuk ke destinasi kota atau negara baru. Keberadaan sebuah bandara diyakini mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke sebuah daerah.

Pada bulan Agustus lalu, bandara Soekarno-Hatta resmi mengoperasikan Terminal 3 Ultimate dengan harapan meningkatkan jumlah penumpang yang mampu ditampung bandara terbesar di Indonesia tersebut.

Tak hanya fasilitas terminal untuk menampung penumpang, kondisi runway sebuah bandara juga sangat penting untuk menampung arus lalu-lintas pesawat yang keluar masuk bandara.

Khusus untuk kondisi dan panjang runway, tahukah B'timers bahwa dari lima bandara di Asia Tenggara, dua bandara di Indonesia memiliki runway terpanjang, yaitu bandara di Batam dan Cengkareng.

Bandara Asia Tenggara dengan Runway Terpanjang | Breaktime
KLIA2 di Kuala Lumpur, juga dikenal sebagai bandara LCCT

KLIA2, Malaysia (4.124 m)

Bandara ini juga dikenal dengan sebutan LCCT karena juga menjadi "markas"  maskapai low-cost terbesar di Asia, AirAsia. Bandara yang berlokasi di distrik Selangor ini berjarak sekitar 45 kilometer dari pusat kota Kuala Lumpur dan menjadi salah satu hub terpenting di Asia Tenggara.

Hang Nadim, Batam, Indonesia (4.025 m)

Bandara di Provinsi Kepulauan Riau ini mengambil nama dari Laksamana Hang Nadim, salah satu tokoh paling terkenal dari Kesultanan Malaka. Bandara ini memiliki landasan pacu terpanjang di Indonesia dan bisa menampung pesawat berbadan lebar jenis Boeing 767. 

Bandara Asia Tenggara dengan Runway Terpanjang | Breaktime
Bandara Changi, modern dan ramah lingkungan dengan adanya taman bunga matahari

Changi, Singapura (4.000 m)

Bandara Changi merupakan salah satu bandar udara paling modern dan beberapa kali mendapat predikat sebagai bandara terbaik di dunia. Bandara Changi yang mampu menampung lebih dari 50 juta orang per tahunnya ini terus dikembangkan hingga 5 terminal yang akan dibuka dalam beberapa tahun ke depan.

Suvarnabhumi, Bangkok, Thailand (4.000 m)

Bandara Asia Tenggara dengan Runway Terpanjang | Breaktime
Bandara Suvarnabhumi di Bangkok dilihat dari window seat

B'timers yang pernah bepergian ke Bangkok tentu sudah tak asing lagi dengan bandara ini. Suvarnabhumi International Airport merupakan satu dari dua bandara utama di ibu kota Thailand yang melayani penerbangan full service. Sementara untuk penerbangan low cost, sejumlah maskapai menggunakan bandara Don Mueang.

Soekarno-Hatta, Cengkareng, Indonesia (3.660 m)

Salah satu bandar udara paling penting dalam dunia penerbangan modern di Indonesia ini kini makin bersaing dengan bandara-bandara ternama dunia seiring dibukanya Terminal 3 Ultimate pada bulan Agustus lalu. (za)

Share This Article