Bagaimana Cara Hadapi Bencana saat Liburan? | Breaktime
Bagaimana Cara Hadapi Bencana saat Liburan?
19.05.2016

Bencana alam merupakan hal terakhir yang ingin Anda pikirkan sebelum pergi liburan. Tapi mengingat segalanya bisa tiba-tiba terjadi, seperti gempa bumi di Jepang dan Selandia Baru atau tsunami di Thailand. Dengan tips sederhana cara hadapi bencana saat liburan berikut ini, bisa memberikan perbedaan besar antara hidup dan mati di dalam situasi darurat, B’timers.

Ajukan pertanyaan pada pihak penginapan

Hal ini untuk memeriksa, apakah bangunan tersebut aman dari bencana. Misalnya bagaimana jalur evakuasi darurat karena gempa bumi atau kebakaran dan inspeksi keselamatan para tamu. Dan jika penginapan dekat dengan air, tanyakan tentang rencana evakuasi mereka dan di mana letak titik yang aman.

Bagaimana Cara Hadapi Bencana saat Liburan? | Breaktime
Selalu tanyakan jalur evakuasi di tempat Anda menginap

Nilai keadaan lingkungan sekitar Anda

Dengan menyesuaikan kamar, Anda bisa segera mengambil tindakan penyelamatan jika terjadi bencana. Pindahkan tempat tidur dalam kamar Anda , jika letaknya di dekat lemari besar. Pastikan juga bahwa Anda berada di jarak aman dari resiko jatuhnya perabot lain. Cek di mana letak alat pemadam kebakaran dan pastikan Anda mengenal rute keluar dari hotel.

Siapkan semua kebutuhan darurat

Selain selalu membawa senter, Anda juga perlu memikirkan kebutuhan darurat lainnya. Bawa tablet yodium dan filter air. Tablet yodium berfungsi untuk memblokir penyerapan radiasi. Sementara filter air untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda. Karena jika terjadi gempa bumi, air yang bisa diminum dapat menjadi tidak layak minum, lho, B’timers.

Bagaimana Cara Hadapi Bencana saat Liburan? | Breaktime
Alat pemadam kebakaran bisa menjadi penolong saat gempa bumi

Drop! Cover! And hold on!

Jika sekali Anda merasakan getaran sekecil apapun, cara hadapi bencana saat liburan dengan segera tutupi bagian kepala dan leher dengan selimut tebal. Sebaiknya tetap tinggal di tempat tidur ketika terjadi gempa bumi. Perlindungan yang Anda rasa aman bisa saja melukai Anda. Di tempat tidur, setidaknya Anda bisa melindungi tubuh menggunakan kasur atau kain tebal.

Kenali tanda-tanda peringatan

Ada tiga tanda yang merupakan tanda vital saat akan terjadi tsunami. Salah satunya adalah getaran tremor di bawah kaki. Air laut akan mengalami surut yang tidak normal dan terdengar suara gemuruh keras, B’timers. Meskipun sedang liburan, waspadalah selalu terhadap peringatan apapun yang dibuat oleh warga lokal, seperti sirine ataupun berita di radio.

Bagaimana Cara Hadapi Bencana saat Liburan? | Breaktime
Tanda alam dari hewan bisa menjadi pertanda bencana, lho

Sedang liburan tidak boleh menjadi alasan untuk Anda mengabaikan keselamatan, B’timers. Dan cara hadapi bencana saat liburan yang terpenting adalah dengan memberikan tempat evakuasi yang akan Anda tuju jika terjadi bencana alam. Dan jangan lupa untuk metinggalkan nomor lokal Anda selama di tempat wisata pada keluarga di rumah, ya, B’timers? (NO)

Share This Article