Awas Lupa, Barang yang Harus Dibawa Saat Mendaki | Breaktime
Awas Lupa, Barang yang Harus Dibawa Saat Mendaki
27.11.2017

Sebelum mendaku diri sendiri sebagai seorang pendaki, sejatinya ada banyak daftar wajib barang yang harus dibawa saat mendaki. Para pendaki pemula dan petualang muda biasanya memiliki kecenderungan untuk membawa barang lebih. Meski demikian, ada baiknya B’timers tak terlalu banyak membawa banyak bawaan pendakian agar tidak membuat Anda kerepotan selama di perjalanan. Keamanan dan kenyamanan pendakian menjadi tujuan utama sehingga Anda sebaiknya tidak sibuk dengan barang bawaan yang di luat kebutuhan.

Apabila B’timers mendaki berkelompok, tenda berukuran ekstra berbentuk dome dengan kapasitas sesuai anggota kelompok menjadi pilihan sempurna untuk bermalam. Beberapa gunung di Indonesia memang dilengkapi dengan fasilitas tempat berteduh atau shelter. Meski demikian, shelter cenderung kecil dan membatasi gerak sehingga Anda dan kelompok pendaki akan kesulitan beraktivitas. Akan jauh lebih mudah apabila Anda membawa tenda dome untuk bermalam bersama di gunung bersama kelompok pendakian Anda. Dengan membawa tenda sendiri, Anda juga bisa dengan leluasa menata barang bawaan. Anda juga bisa sewaktu-waktu mendirikan tenda dan beristirahat dari terpaan hawa dingin dan cuaca ekstrem tanpa mencari keberadaan shelter. 

Awas Lupa, Barang yang Harus Dibawa Saat Mendaki | Breaktime
Tenda dome bermanfaat saat Anda hiking berkelompok

Barang yang harus dibawa saat mendaki selanjutnya ialah pakaian lapangan. Setiap pendaki memiliki definisi masing-masing mengenai pakaian lapangan hingga baju hangat. Secara umum, terdapat dua jenis jaket yang bisa dibawa pada saat mendaki. B’timers bisa membawa jaket tipis berbahan parasut yang bisa melindungi tubuh dari hawa dingin. Jaket tipis juga lebih nyaman untuk dikenakan pada saat trekking di siang hari. Anda yang telah terbiasa mengenakan kaus lengan pendek atau lengan panjang saat trekking agar tidak kepanasan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Awas Penipu, Ini Tips Naik Tuk-Tuk Di Thailand

B’timers yang lebih nyaman mengenakan jaket berbahan lebih tebal bisa mendaki gunung dengan memakai jaket double layer system. Lapisan pertama berbahan fleece polar atau fleece cotton cenderung lebih hangat, sebaliknya lapisan kedua berbahan parka atau taslan dan cenderung waterproof. Anda juga bisa mengenakan jaket berbahan lapisan bulu angsa agar hawa dingin udara pegunungan tidak membuat Anda menggigil serta dapat menahan suhu panas tubuh agar keluar dari jaket.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Aman Mendaki Gunung bagi Pemula

Bawalah beberapa pakaian ganti dengan menyesuaikan durasi pendakian. Anda juga bisa membawa beberapa pakaian cadangan untuk mengantisipasi kondisi hujan yang membikin basah kuyup. Anda juga bisa membawa topi atau penutup kepala untuk berlindung di siang hari saat cuaca terik. Bawalah juga pakaian yang berbahan mudah kering serta berbahan katun. Pakaian dengan berbahan cepat kering dan ringan seperti ripstok nilon atau celana polyester bisa digunakan saat pendakian sehari-hari. Pakaian berbahan katun, sebaiknya, paling pas untuk dikenakan saat beristirahat.

Beberapa barang pribadi lainnya yang tak boleh ketinggalan dibawa saat mendaki ialah matras sebagai alas tidur, sleeping bag, serta jas hujan untuk mengantisipasi turunnya hujan saat mendaki. Alat navigasi seperti peta dan kompas juga wajib dibawa untuk mengetahui jalur trekking serta mengetahui keberadaan Anda saat tersesat dan keluar melenceng dari jalur pendakian semula. Anda juga perlu membawa alat penerangan seperti senter genggam maupun headlamp yang sangat dibutuhkan terutama saat hari mulai gelap.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Wow! Intip Kemudahan Akses ke Pink Beach Lombok!

Obat-obatan juga merupakan barang yang harus dibawa saat mendaki, terutama bagi B’timers maupun teman sekelompok pendakian yang memiliki riwayat penyakit tertentu. Demikian juga dengan logistik dan alat memasak seperlunya untuk mengisi perut dan mengembalikan tenaga saat mendaki. Beberapa peralatan darurat yang tak boleh ketinggalan dibawa ialah pisau lipat yang tentunya akan bermanfaat dalam situasi tertentu. Tak lupa, bawalah juga korek api maupun alat pemantik api lainnya untuk meyalakan api saat memasak hingga menjaga tubuh tetap hangat saat terjadi kondisi darurat dan menunggu bantuan datang.

Semoga Anda senantiasa aman sepanjang mendaki hingga ke puncak dan kembali ke rumah ya! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE