Antisipasi Agar Anak Tak 'Hilang' Saat Liburan | Breaktime
Antisipasi Agar Anak Tak 'Hilang' Saat Liburan
11.06.2016

Mengajak liburan sang buah hati memang hal yang sangat menyenangkan. Pasalnya, liburan keluarga memang biasanya tak bisa dilakukan secara intens. Sayangnya, mengajak buah hati yang masih kecil juga memiliki risiko besar, salah satunya adalah terpisah dari orang tua atau hilang. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, perhatikan tips-tips berikut ini, ya!

Jangan ribet sendiri dengan bawang bawaan

Saat sedang mengunjungi tempat wisata tertentu, jangan hanya ribet dengan bawaan Anda sehingga pengawasan terhadap anak jadi berkurang. Bawa barang seperlunya saja. Ingat, Anda sedang liburan. Bukannya pindahan.

Jangan sibuk sendiri dengan smartphone

Inilah buruknya orang tua zaman sekarang, selalu sibuk dengan smartphone. Tahanlah sementara waktu untuk tak main ponsel. Sebaliknya, jangan lepaskan pandangan dan genggaman tangan dari buah hati.

Antisipasi Agar Anak Tak 'Hilang' Saat Liburan | Breaktime
Penting mana ponsel dan anak Anda?

Tentukan titik bertemu

Jika anak Anda sudah sedikit besar, sah-sah saja membiarkannya berkeliaran sendiri menyaksikan keindahan. Namun jangan lupa janjian kapan dan di mana kalian harus bertemu lagi.

Biasakan anak tahu nama dan nomor telepon orang tua

Didik anak Anda untuk mengetahui nama orang tuanya. Ini akan menjadi antisipasi terbaik jika saja anak Anda terlanjur hilang di tengah keramaian wisata. Dengan demikian, ia akan mudah menemukan Anda kembali.

Antisipasi Agar Anak Tak 'Hilang' Saat Liburan | Breaktime
Tahu identitas keluarga adalah hal penting bagi anak-anak

Kenali identitas diri

Selain identitas Anda, identitasnya juga tak kalah penting. Karena itu, ajarkan sejak dini pada buah hati untuk mengetahui siapa dirinya seperti nama, usia dan tempat tinggal.

Kenalkan anak dengan pusat informasi

Di setiap tempat wisata selalu ada pusat informasi. Nah, kenalkanlah apa manfaat pusat informasi tersebut kepada anak Anda. Pastikan Anda sudah mengajarinya untuk tak bertanya pada sembarangan orang dan hanya meminta tolong pada petugas saja.

Well, itulah tips untuk antisipasi agar Anda tidak terpisah dengan anak saat sedang berlibur bersama. Semoga informasinya bermanfaat dan liburan Anda aman menyenangkan. (nap)

Share This Article