Aerophobia? Lakukan 5 Tips Ini Saat Naik Pesawat | Breaktime
Aerophobia? Lakukan 5 Tips Ini Saat Naik Pesawat
12.02.2016

Pesawat terbang masih menjadi pilihan sarana transportasi yang paling cepat dan aman untuk bepergian ke tempat yang jauh. Biaya perjalanan dengan pesawat pun kini semakin terjangkau dengan banyaknya maskapai penerbangan berbiaya rendah (budget airline).
Tapi bagi sebagian orang, naik pesawat merupakan hal yang menakutkan dan menimbulkan fobia yang disebut aerophobia. Berikut beberapa cara efektif untuk menghilangkan rasa takut saat naik pesawat terbang.

Berdoa

Sesaat setelah duduk dan memasang sabuk pengaman, berdoalah dengan sepenuh hati sesuai agama dan keyakinan. Serahkan semua kepada Tuhan dan meminta pertolongan serta perlindungan agar dilancarkan penerbangan. Doa akan menenangkan batin kita.

Tetap rileks dan tenang

Tetap tenang dan rileks ketika, sebelum dan sesudah take off. Saat lampu penggunaan sabuk pengaman dimatikan, aturlah nafas dan buat posisi duduk senyaman mungkin agar rileks. Buang jauh-jauh segala pikiran buruk yang membuat gelisah selama penerbangan.

Aerophobia? Lakukan 5 Tips Ini Saat Naik Pesawat | Breaktime
Dengan rileks maka penerbangan akan terasa lebih nyaman

Aktivitas favorit

Lakukan aktivitas yang menjadi kesukaan anda saat penerbangan panjang, seperti mendengarkan musik, bermain games, membaca buku, atau menonton film. Aktivitas ini selain menghindarkan pikiran negatif, juga bisa mengatasi kebosanan selama penerbangan. Sesekali berdiri mengambil barang di atas kabin atau berjalan ke toilet juga bisa menghindarkan diri dari kejenuhan selama penerbangan.

Jangan khawatir turbulance

Sebagian besar orang akan mengalami ketakutan saat terjadi turbulance. Yakinlah bahwa turbulance adalah kejadian yang wajar terjadi dalam penerbangan, ibarat mobil melewati jalanan tidak mulus.

Berpikiran positif

Fokuslah dengan hal-hal positif yang akan dilakukan setelah penerbangan. Dengan begitu anda akan terhindar dari pikiran negatif atau rasa khawatir selama penerbangan.

Nah, dengan tips-tips tadi, B’timers akan terhindari dari rasa takut, cemas dan gelisah yang bisa mengganggu perjalanan. Nikmati penerbangan Anda dengan rileks. (ZA)

Share This Article