Ada 4 Hal Harus Diketahui oleh Calon Tour Guide | Breaktime
Ada 4 Hal Harus Diketahui oleh Calon Tour Guide
16.10.2016

Wisatawan terkadang tidak memiliki banyak waktu untuk mempelajari tempat-tempat yang mereka kunjungi. Oleh karena itu, seringkali mereka menyewa seorang tour guide lokal untuk menjelaskan banyak hal tentang tempat tersebut. Menjadi seorang tour guide memang terlihat mudah, tetapi jangan salah bahwa banyak hal yang harus Anda ketahui sebelum menjadi seorang tour guide yang mengesankan. Apa saja hal-hal tersebut? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Memiliki fisik yang kuat

Menjadi seorang pemandu wisata adalah hal yang berat. Anda harus banyak memberikan penjelasan, bersabar menghadapi wisatawan yang menjengkelkan, dan selalu berkeliling. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk terus menjaga kesehatan dan kondisi fisik yang selalu fit.

Attitude (Perilaku)

Pengetahuan Anda tentang tempat-tempat wisata tidak akan berarti jika para wisatawan menganggap perilaku Anda tidak menyenangkan. Oleh karena itu, usahakan untuk tetap menjaga sikap yang baik dan memperlakukan wisatawan dengan baik.

Ada 4 Hal Harus Diketahui oleh Calon Tour Guide | Breaktime
Syarat menjadi seorang tour guide adalah memiliki fisik yang kuat

Menguasai lebih dari satu bahasa asing

Bahasa adalah modal utama Anda untuk berkomunikasi dengan wisatawan. Mereka tidak hanya datang dari Indonesia, tetapi juga dari berbagai negara. Jadi, sangat penting jika Anda menguasai beberapa bahasa asing atau paling tidak mengetahui dasar berkomunikasi dari beberapa bahasa.

Memiliki mental positif

Maksudnya di sini adalah Anda harus memiliki sifat selalu optimis, ulet, pantang menyerah, terbuka, supel, dan mudah bergaul. Hal ini sangat dibutuhkan untuk seorang pemandu wisata yang handal, karena Anda akan bertemu dengan berbagai macam jenis orang baru.

Beberapa hal di atas harus Anda ketahui dan pelajari, jika Anda ingin menjadi seorang pemandu wisata yang handal. Anda juga harus memiliki pengetahuan budaya dan sejarah dari banyak tempat wisata, lho. Bagaimana? Tertantang menjadi seorang tour guide? (vpd)

Share This Article