9 dari 10 Maskapai Tidak Aman Dunia Ada di Indonesia
9 dari 10 Maskapai Tidak Aman Dunia Ada di Indonesia
25.02.2016

Kabar kurang menggembirakan datang dari dunia penerbangan nasional dimana sembilan dari sepuluh maskapai paling tidak aman di dunia ada di Indonesia.

Berdasarkan survei tahunan yang dilakukan oleh situs penilaian maskapai Airline Ratings, sepuluh maskapai dengan penilaian keamanan terburuk, termasuk sembilan di antaranya adalah maskapai dari Indonesia.

Penilaian diberikan berdasarkan pada hasil audit badan pemerintah, jejak kerusakan pesawat, serta penilaian redaksi yang melihat sejarah operasional maskapai serta angka kecelakaan.

Sejumlah maskapai Indonesia dinilai sering mengalami kendala dalam penerbangan. Bahkan tiga rute penerbangan Lion Air Group baru saja dicabut oleh Kementerian Perhubungan pada 5 Januari ini.

Selain itu maskapai Trigana Air Service juga sempat mengalami kecelakaan pada Agustus 2015 lalu dimana saat pesawat dengan rute Jayapura-Oksibil sempat hilang kontak dan jatuh di Pegunungan Bintang, Papua.

Berikut daftar sepuluh maskapai dengan rating terendah, sembilan di antaranya dari Indonesia (berdasarkan abjad):
 
Batik Air (Indonesia)
Bluewing Airlines (Suriname)
Citilink (Indonesia)
Kal-Star Aviation (Indonesia)
Lion Air (Indonesia)
Sriwijaya Air (Indonesia)
TransNusa (Indonesia)
Trigana Air Service (Indonesia)
Wings Air (Indonesia)
Xpress Air (Indonesia)

Pesawat parkir di Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar Bali
Pesawat parkir di Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar Bali

Airline Ratings menilai 407 maskapai dengan memberikan nilai maksimum hingga tujuh bintang. Maskapai teraman tahun ini dinobatkan pada maskapai asal Australia, Qantas.

Selama 94 tahun beroperasi, Qantas dinilai tidak pernah menurunkan standar keamanan dan pengelolaan keselamatan yang berpengaruh pada minimnya korban kecelakaan yang ditimbulkan.

Selain itu, Qantas juga berhasil membangun jaringan keselamatan yang berbeda dari maskapai lain. Jaringan tersebut meliputi sistem navigasi, sistem monitor pergerakan pesawat, dan sistem pendaratan otomatis berbekal GPS.

Selain Qantas, maskapai lain yang masuk dalam peringkat 10 besar teraman di dunia adalah: Air New Zealand, Cathay Pacific, British Airways, Emirates, Etihad Airways, EVA Air, Finnair, Lufthansa, dan Singapore Airlines. (ZA)

Share This Article