7 Tips Waspada Binatang Buas Saat di Alam Bebas | Breaktime
7 Tips Waspada Binatang Buas Saat di Alam Bebas
29.07.2016

Hutan dan gunung merupakan habitat bagi banyak binatang buas. Oleh karena itu jika B’timers hobi berpetualang atau mendaki gunung sebaiknya memperhatikan kondisi alam, melakukan persiapan yang matang, dan dapat melindungi diri dari serangan binatang buas.

Jauhi hewan yang sedang bersama anaknya

Pada umumnya, semua binatang liar akan menghindari manusia, kecuali mereka merasa terancam. Salah satunya ketika binatang tersebut sedang bersama anaknya, karena naluri untuk melindungi anak mereka sangat tinggi.

Hindari perjalanan pada malam hari

Kebanyakan binatang di hutan memiliki sifat nocturnal atau aktif pada malam hari. Oleh karena itu, hindari melakukan perjalanan pada malam hari untuk meminimalisir bertemu dengan binatang buas.

Jangan panik saat bertemu ular

Tidak perlu merasa panik ketika bertemu dengan seekor ular, karena sebagian ular di Indonesia tidak berbisa. Bersikaplah tenang ketika melihat seekor ular agar ular tersebut tidak merasa terancam kemudian menyerang Anda.

7 Tips Waspada Binatang Buas Saat di Alam Bebas | Breaktime
Hati-hati harimau saat di alam bebas khususnya hutan

Gunakan pakaian yang tidak terlalu terbuka

Saat mendaki gunung sangat penting untuk memperhatikan pakaian yang akan dikenakan. Gunakan sepatu boot, celana panjang, dan baju lengan panjang untuk menghindari gigitan binatang.

Jangan menggunakan parfum

Parfum menimbulkan aroma segar yang dapat mengundang serangga seperti tawon untuk menghampiri anda.

Hindari duduk di pohon tumbang atau batu besar

Ular dan kalajengking pada umumnya selalu bersembunyi di sela-sela batu atau kayu. Sebaiknya periksa dulu pohon atau batu yang akan Anda jadikan sebagai tempat istirahat.

Perhatikan tempat camping

Sebaiknya perhatikan dahulu lingkungan sekitar tempat Anda akan membangun tenda. Hindari tempat yang ditumbuhi banyak rerumputan dan jalur air, karena biasanya terdapat ular dan serangga.

Nah, dengan tips-tips tadi, dijamin B’timers bisa lebih aman dan siap untuk mengantisipasi binatang buas saat berada di alam bebas. (vpd)

Share This Article