7 Tips Hemat Berlibur dengan Maskapai Low Cost | Breaktime
7 Tips Hemat Berlibur dengan Maskapai Low Cost
29.11.2016

Saat melakukan perjalanan, salah satu anggaran terbesar adalah transportasi. Apabila B'timers kerap bepergian dengan pesawat terbang, salah satu cara menghemat biaya perjalanan adalah naik maskapai berbiaya rendah atau low cost airline.

Harga tiket maskapai maskapai low cost lebih murah dibandingkan maskapai full service karena maskapai ini tidak memberikan fasiltas makanan, hiburan di pesawat, dan bagasi (untuk penerbangan luar negeri).

Meski berbeda fasilitas dan layanan, bukan berarti perjalanan menggunakan maskapai low cost mengurangi kenyamanan perjalanan B'timers. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila B'timers pertama kali terbang menggunakan maskapai low cost

7 Tips Hemat Berlibur dengan Maskapai Low Cost | Breaktime
Beginilah suasana di dalam maskapai low cost, B’timers

Self check-in

Hampir semua maskapai kini dilengkapi fasilitas web check-in dan self check-in. Setelah melakukan booking, manfaatkan fasilitas web check-in dari rumah atau self check-in pada mesin yang disediakan di bandara untuk menghindari antrian di counter check-in.

Pesan makanan di awal

Apabila B'timers ingin makan di pesawat, gunakan fasilitas pre-order meal pada saat melakukan booking. Karena maskapai low cost tidak memberikan fasilitas makanan dan minuman, melakukan pre-order meal akan menghemat biaya pengeluaran anda.

7 Tips Hemat Berlibur dengan Maskapai Low Cost | Breaktime
Berhemat dengan memesan makanan ketika booking

Makanan dan minuman dari luar

Untuk menghemat pengeluaran, ada kalanya B'timers bisa membawa makanan atau minuman dari luar, seperti air mineral dan cemilan seperti coklat atau permen. Hindari membawa bekal terlalu banyak karena regulasi maskapai tertentu melarang makanan dan minuman dari luar dibawa masuk ke dalam pesawat.

Bawa hiburan sendiri

Maskapai low cost tidak menyediakan on board entertainment, sehingga B'timers harus mempersiapkan gadget sendiri untuk hiburan selama penerbangan. Siapkan lagu-lagu favorit di smartphone kamu sebagai teman selama penerbangan.

7 Tips Hemat Berlibur dengan Maskapai Low Cost | Breaktime
Gunakan fasilitas self check-in

Ukuran bagasi

Perhatikan ukuran dan berat bagasi yang dibolehkan masuk ke dalam kabin pesawat. Maskapai tertentu membatasi berat bagasi kabin 7 kg. Apabila harus menggunakan fasilitas bagasi, sebaiknya beli pada saat booking karena lebih murah.

Terbang di malam hari

Terbang pada malam hari memberi banyak keuntungan, selain B'timers bisa beristirahat selama penerbangan -karena memang tidak ada on board entertainment dan fasilitas meals, harga tiket penerbangan tengah malam biasanya lebih murah daripada penerbangan pagi atau sore.

Manfaatkan tiket promo

Menjelang akhir tahun, sejumlah maskapai low cost kerap memberikan diskon atau tiket promo ke berbagai destinasi menarik, bahkan hingga Rp 0. Manfaatkan promo ini -meskipun tanggal keberangkatan masih tahun depan, karena akan menghemat biaya perjalanan. (za)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE