7 Hal Penting Saat Pertama Kali ke Bangkok | Breaktime
7 Hal Penting Saat Pertama Kali ke Bangkok
18.04.2017

Setelah Singapura, Bangkok menjadi ibu kota negara ASEAN yang banyak dikunjungi wisatawan asing -termasuk dari Indonesia- pada awal bulan April ini untuk menyaksikan konser band asal Inggris, Coldplay.

Bangkok termasuk kota yang ramah wisatawan dengan kemudahan fasilitas transportasi dan akomodasi, termasuk tersedianya sarana MRT, BTS Skytrain, dan transportasi sungai Chao Phraya Express.

Bagi B'timers yang pertama kali datang ke Bangkok, ketahui beberapa hal berikut agar perjalanan ke ibu kota Thailand makin aman dan nyaman.

7 Hal Penting Saat Pertama Kali ke Bangkok | Breaktime
Bandara Suvarnabhumi, salah satu bandara di Bangkok selain Don Mueang

1. Transportasi

Ada dua bandara internasional di Bangkok, yaitu Suvarnabhumi dan Don Mueang. Ketahui dimana B'timers datang dan pergi di Bangkok karena letak dua bandara ini berjauhan. Apabila dari Don Mueang, B'timers harus menggunakan taksi atau bis untuk menuju ke kawasan kota Bangkok. Sementara dari Suvarnabhumi terdapat fasilitas BTS Skytrain.

2. Akomodasi

Khaosan Road merupakan kawasan yang ramai dengan wisatawan dan tersedia fasilitas hotel mulai dari kelas backpacker hingga bintang empat dan lima. Hindari go show dan usahakan selalu melakukan booking penginapan atau hotel sebelum tiba di Bangkok.

7 Hal Penting Saat Pertama Kali ke Bangkok | Breaktime
Khaosan merupakan lokasi favorit wisatawan di Bangkok

3. Keamanan

Meskipun beberapa kali dilanda isu keamanan, Thailand -khususnya Bangkok- relatif aman untuk wisatawan. Namun tak ada salahnya B'timers selalu membawa tanda pengenal seperti KTP, paspor, dan kartu nama hotel saat berkeliling kota Bangkok.

4. Taksi dan tuk-tuk

Taksi dan tuk-tuk dapat dengan mudah didapatkan di Bangkok selama 24 jam. Untuk menghindari scam, pakailah taksi yang menggunakan meter (argo) dan tawarlah di depan setiap kali naik tuk-tuk. Sopir taksi atau tuk-tuk biasanya menawarkan paket city tour. Apabila B'timers tertarik, pastikan untuk menawar harga, apabila tidak sesuai dengan budget, sebaiknya cari taksi atau tuk-tuk lain.

7 Hal Penting Saat Pertama Kali ke Bangkok | Breaktime
Transportasi yang satu ini bisa kita temukan hampir di tiap sudut Bangkok

5. Makanan

Kuliner Thailand terkenal pedas dan asam, dua rasa yang mungkin sudah tak asing bagi wisatawan Indonesia. Meski demikian, usahakan untuk selalu memilih tempat makan yang bersih. Ketahui dan pastikan harga makanan sebelum memesan. Beberapa rumah makan kadang hanya menampilkan menu dan harga dengan huruf Thailand.

6. Oleh-oleh

Bangkok dikenal sebagai surga belanja dengan banyak mall-mall modern seperti MBK, Siam Paragon, dan Pratunam. Tapi bila B'timers ingin mendapatkan oleh-oleh dengan harga lebih murah bisa menuju Chatuchak Weekend Market, pasar tradisional yang disebut-sebut terbesar di Asia Tenggara.

7 Hal Penting Saat Pertama Kali ke Bangkok | Breaktime
Penjual makanan dan souvenir di Damnoen Floating Market

7. Lokasi Kedubes

Jaga paspor dengan sangat teliti dan jangan menyerahkan paspor kepada orang yang belum dikenal. Bahkan saat menyewa motor atau mobil, sebaiknya gunakan fotokopi paspor atau membayar deposit.

Kedubes merupakan pilihan terakhir saat terjadi kesulitan seperti kehilangan paspor atau surat berharga lainnya. Kedubes Indonesia di Bangkok beralamat di 600-602 Petchaburi Road Khwaeng Thanon Phetchaburi, Khet Ratchathewi, Krung Thep Maha Nakhon 10400 dengan nomor telepon +6622523135. (za)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE