6 Tips Hindari Bahaya Petir Saat Mendaki Gunung | Breaktime
6 Tips Hindari Bahaya Petir Saat Mendaki Gunung
14.05.2017

Mendaki gunung banyak disukai oleh B'timers penggemar wisata alam. Namun kegiatan ini termasuk banyak risiko karena pendaki harus siap menghadapi hipotermia, jalur yang licin dan berbahaya, binatang buas, hingga petir.

Baru-baru ini terjadi insiden tiga pendaki tewas tersambar petir saat mendaki Gunung Prau di Wonosobo, Jawa Tengah pada 24 April kemarin. Mereka tersambar petir saat berada dekat menara di puncak dalam kondisi hujan.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghindari kejadian tersambar petir saat mendaki gunung.

Perhatikan Prediksi Cuaca

Sebelum melakukan aktivitas pendakian, lihat kondisi dan perkiraan cuaca dengan menghubungi petugas di basecamp setempat. Apabila memunginkan, hindari pendakian saat cuaca diprediksi hujan dan cari waktu lain saat cuaca diperkirakan cerah.

Lebih Waspada Saat Hujan

Selalu waspada dengan kondisi di sekitar, terutama saat hujan. Hindari berlindung di bawah pohon yang tinggi. Saat petir menyambar pohon, aliran listrik akanmeramat ke tanah dan berbahaya bagi pendaki.

6 Tips Hindari Bahaya Petir Saat Mendaki Gunung | Breaktime
Aktivitas mendaki gunung selain menyenangkan juga mengundang resiko

Hindari Medan Terbuka

Apabila terlanjur melakukan pendakian dan terjebak dalam kondisi hujan lebat, hindari berada di padang rumput yang luas, puncak bukit, atau pegunungan yang terbuka. Situasi sangat rawan mengundang serangan petir.

Lokasi Tenda

Untuk lokasi mendirikan tenda, hindari tempat terbuka. Apabila terpaksa harus mendirikan tenda di tempat terbuka, pilih daerah lembah atau lokasi yang rendah.

Alat Pemancar Gelombang

Hindari mengaktifkan alat-alat yang memancarkan atau menerima gelombang seperti telepon seluler, HT, GPS, atau radio karena gelombang yang dipancarkan bisa memancing petir untuk menyambar.

Alas Kaki dan Aksesori

Gunakan aksesori atau peralatan yang terbuat dari bahan bukan penghantar listrik, seperti karet atau kain. Penggunaan aksesori dari bahan logam bisa menghantarkan listrik dan menangkap kilat. Alasi tubuh dengan ransel atau matras dan selalu menggunakan alas kaki agar tubuh tidak bersentuhan langsung dengan tanah.

Tips tersebut mungkin bisa Anda praktekkan ketika berada di gunung dalam keadaan cuaca yang cukup mengundang petir. So, tetap waspada dan berhati-hati saat mendaki.



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE