6 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Traveling | Breaktime
6 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Traveling
08.03.2016

Traveling atau perjalanan wisata memang harus direncanakan dengan matang agar dapat berjalan dengan lancar. Tak hanya biaya dan penginapan saja yang harus Anda persiapkan, hal-hal sederhana namun penting ini juga tak boleh Anda lewatkan.

Atur keuangan

Sebelum berangkat traveling, atur keuangan dengan teliti. Tak hanya nilainya, Anda juga harus memperhatikan dengan detail berapa yang akan Anda bawa secara tunai dan berapa yang Anda siapkan di ATM. Jangan sampai Anda kebingungan membayar atau memesan sesuatu karena kehabisan uang tunai dan tak ada mesin ATM di dekat tempat tersebut.

Rencanakan hari pertama dengan baik

Hari pertama yang terjadwal dengan baik merupakan penentu untuk hari-hari berikutnya. Jadwalkan dengan rinci pukul berapa Anda berangkat dan tiba di tempat tujuan, kemudian tentukan tujuan utama Anda. Jika perjalanan tak melelahkan, Anda bisa langsung menuju tempat wisata. Namun, jika perjalanan cukup panjang, beristirahat sejenak sambil mengisi perut adalah pilihan terbaik.

6 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Traveling | Breaktime
Siapkan perangkat hands-free agar tak mengganggu konsentrasi

Siapkan perangkat hands-free

Jika menyetir sendiri kendaraan Anda, sebaiknya persiapkan perangkat hands-free agar tak mengganggu konsentrasi Anda ketika menyetir. Siapkan earphone ataupun perangkat Bluetooth yang akan memudahkan Anda menerima panggilan ketika sedang menyetir.

Lakukan riset kecil

Mendatangi tempat baru tentu banyak hal yang belum Anda ketahui. Untuk itu, coba lakukan riset kecil mengenai tempat yang akan Anda datangi. Anda bisa mencari mengenai makanan khas daerah tersebut, kesenian yang ditampilkan atau adat istiadat masyarakat setempat agar perjalanan Anda lebih menyenangkan.

6 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Traveling | Breaktime
Lakukan riset kecil sebelum memulai perjalanan

Temukan rest area yang tepat

Saat melakukan perjalanan, Anda tentu membutuhkan waktu beristirahat untuk melepas penat sekaligus mengisi energi Anda yang terkuras selama perjalanan. Anda bisa menemukan riset kecil melalui internet dan menandainya di peta Anda sebagai tempat beristirahat yang tepat selama melakukan perjalanan.

Ketahui cuaca

Cuaca merupakan salah satu faktor penting yang sangat mempengaruhi perjalanan wisata Anda. Untuk itu, ketahui dengan baik cuaca di daerah tersebut sebelum berangkat. Teriknya matahari mungkin tak banyak mengganggu kegiatan wisata Anda. Tapi, ketika hujan datang, tentu banyak hal yang perlu disiapkan seperti jas hujan dan payung.

Persiapan-persiapan kecil ini, bisa memberikan dampak yang sangat besar untuk perjalanan wisata Anda. Selain itu, persiapan yang matang juga akan memudahkan Anda selama traveling. Selamat berwisata, B’timers. (dfr)

Share This Article