5 Trik Buat Wisata Religi Jadi Nggak Boring | Breaktime
5 Trik Buat Wisata Religi Jadi Nggak Boring
19.06.2017

Salah satu bentuk traveling yang populer di Indonesia adalah wisata religi. B’timers biasanya bisa pergi ke tempat – tempat ibadah agama atau kepercayaan tertentu yang memiliki nilai historis. Selain tempat, biasanya destinasi wisata religi berupa makam orang-orang tertentu yang berjasa dalam menyebarkan suatu agama.

Di Indonesia, wisata religi yang populer adalah mengunjungi makam para Walisongo yang berperan dalam menyebarkan agama Islam di masa lalu, candi Borobudur di Yogyakarta sebagai tempat ibadah umat Buddha, dan sebagainya.

Bagi Anda yang berencana melakukan wisata religi pada libur lebaran, tidak ada salahnya B’Timers menyimak beberapa tips ini agar perjalanan Anda lebih bermakna.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mudik Seru Tanpa Bosan & Lapar, Ini Triknya!

Berpakaian sopan. Berbeda dari wisata ke alam atau tempat bersejarah lainnya, saat berwisata religi, Anda diwajibkan untuk berpakaian sopan. Kenapa? Karena dengan Anda berpakaian sopan, berarti Anda sudah menghormati tempat yang Anda kunjungi. Bahkan, di beberapa tempat seperti Borobudur, Anda disarankan untuk mengenakan pakaian batik dan di makam-makan para wali, Anda diwajibkan mengenakan pakaian serba tertutup dan untuk perempuan diwajibkan mengenakan kerudung untuk menutupi kepalanya.

5 Trik Buat Wisata Religi Jadi Nggak Boring | Breaktime
Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya

Cari informasi sebanyak-banyaknya. Penting sekali bagi seorang traveler untuk mengetahui dengan baik tempat yang akan dikunjungi apalagi jika erat kaitannya dengan tempat ibadah. Ada banyak sumber yang bisa Anda jadikan referensi seperti internet, buku atau tempat dan kerabat yang pernah mengunjungi tempat tersebut. Selain itu, lebih baik Anda  bertanya kepada petugas di lokasi atau baca peraturan baik-baik yang dipasang di sekitar tempat mengenai batasan dan pantanganbagi pengunjung. Bakalan awkward dan bahkan bisa diberi sanksi kalau Anda melakukan pelanggaran, termasuk salah kostum.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hampir Lebaran, Begini Cara Atasi Arus Mudik

Hormati jemaat yang sedang beribadah. Salah satu daya tarik wisata religi adalah para pelaku ibadah/jamaah yang sedang menjalankan ritual ataupun prosesi tertentu. Anda memang seorang turis yang berhak untuk mengambil gambar dan berkeliling di tempat wisata tersebut. Tapi, jika sedang ada ritual ibadah, ada baiknya Anda menjaga jarak tidak mengganggu proses ibadah tersebut karena ibadah adalah prosesi yang sakral dan tidak sepantasnya terganggu. Sederhananya, ketika Anda sedang melakukan suatu pekerjaan dengan konsentrasi tinggi, pasti Anda tidak mau kan, dan tidak senang ketika diganggu.  Nah, itu sama persis ketika jamaah sedang beribadah.

Menjaga kebersihan. Menjaga kebersihan adalah wajib di tempat wisata mana pun. Kebersihan merupakan bagian dari kesucian, jadi sudah menjadi tugas Anda untuk tidak mengotori tempat ibadah atau situs keagamaan lainnya. Lagipula, tempat-tempat tersebut sudah difasilitasi dengan tempat sampah. Jika Anda kebingungan menemukan tempat sampah, Anda bisa menyimpannya sementara di saku atau tas dan membuangnya ketika menemukan tempat sampah. Intinya, jangan meninggalkan apapun di tempat-tempat seperti ini selain kenangan ya, B’Timers.

5 Trik Buat Wisata Religi Jadi Nggak Boring | Breaktime
Kelenteng Hok Tek Bio di Bogor
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Aman Dan Nyaman Mudik Menggunakan Bis

Abadikan momen dan Petik Pelajarannya. Sejatinya, saat mengunjungi suatu tempat, Anda diharapkan bisa mengambil hikmah dari tempat tersebut seperti keindahan alam, penghormatan terhadap seseorang, dan sebagainya. Jadi, Anda tidak sekedar berkunjung lalu pulang. Ada informasi tambahan yang bisa jadi pengetahuan tersendiri seperti sejarah, peraturan yang harus ditaati, pantangan yang tidak boleh dilakukan, dan sebagainya. Kalau Anda berkunjung ke tempat wisata yang sesuai dengan agama Anda, maka ini bisa jadi sebagai tempat Anda dalam memperdalam ilmu agama. Sebagai tambahan, akan lebih baik lagi jika Anda mengabadikannya dalam bentuk foto, video, dan tulisan. Dari situ Anda bisa bisa membagikan informasi kepada orang lain dan tentu akan menjadi kepuasan tersendiri jika informasi tersebut bermanfaat dan wisata religi Anda akan lebih bermakna.

Kemanapun Anda pergi, jangan sampai merusak tempat tersebut. Sudah cukup banyak contoh tempat wisata religi yang rusak dan jadi bermasalah karena ulah pengunjung yang tidak mau taat pada peraturan. B’Timers bukan salah satunya, kan? (ar)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE