5 Tips Wisata Aman dan Nyaman Bersama Keluarga di Bali | Breaktime
5 Tips Wisata Aman dan Nyaman Bersama Keluarga di Bali
03.05.2015

Bali sudah lama jadi destinasi favorit wisatawan domestik maupun internasional. Banyak dari kita yang sudah pernah ke Bali tapi selalu ingin kembali untuk menikmati suasana yang berbeda di Pulau Dewata.

Bali juga dikenal ramah untuk segala kalangan wisatawan. Dari backpacker sampai family traveler. Adanya penerbangan langsung tiap hari dari Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota besar lainnya menuju Denpasar makin memudahkan traveler untuk menikmati liburan atau akhir pekan di Bali.

Namun bagi B'timers yang baru pertama kali merencanakan liburan keluarga ke Bali, beberapa tips berikut ini bisa dimanfaatkan agar liburan makin nyaman dan aman.

Transportasi

Bila menggunakan pesawat, maka kita akan turun di Bandara Ngurah Rai sebelum melanjutkan perjalanan menuju hotel atau destinasi yang dituju. Di Bali, kita akan sedikit sulit menemukan transportasi umum seperti bis atau angkot. Tarif taksi dari airport pun relatif tinggi sehingga kita harus menyiapkan budget lebih. Sebagai alternatif, kita bisa menyewa sepeda motor atau mobil untuk berkeliling ke berbagai tempat wisata. Sewa sepeda motor Rp 50 ribu per hari, sedangkan sewa mobil sekitar Rp 250 ribu per hari.

Penginapan

Bila budget anda tidak terbatas, tentu dengan mudah bisa memilih resor atau hotel bintang tiga ke atas. Tetapi bila liburan dengan budget terbatas, pilihan villa, homestay, hingga penginapan bisa menjadi alternatif untuk menghemat anggaran. Penginapan kelas backpacker banyak terdapat di Poppies Lane Kuta. Villa atau homestay bisa kita dapatkan di daerah Uluwatu atau Seminyak. Sementara hotel budget juga ada di Jimbaran. Pilihan penginapan memang sangat subyektif dan tergantung dengan budget, kenyamanan, lokasi, dan selera.

Makanan

Hampir di tiap sudut Bali bisa dengan mudah kita temukan tempat makan, cafe, dan restoran, mulai dari kelas bintang lima hingga kelas street-food di kawasan Kuta. Penggemar seafood biasanya menikmati senja sambil menyantap menu khas Bali di Jimbaran. Sementara itu bagi traveler Muslim harus lebih selektif dalam memilih menu dan restoran halal.

Destinasi

Bali punya banyak alternatif destinasi yang bisa dipilih. Daerah Kuta, Seminyak, Uluwatu, dan Nusa Dua identik dengan wisata pantainya. Di sekitar Denpasar juga terdapat banyak kawasan belanja oleh-oleh dan kerajinan tangan. Bila ingin suasana alam dan budaya yang lebih sepi dan tenang, kita bisa pergi ke Ubud, Bedugul, Singaraja, atau bahkan Lovina di Bali bagian utara.

5 Tips Wisata Aman dan Nyaman Bersama Keluarga di Bali

Periode kunjungan

Waktu terbaik untuk mengunjungi Bali adalah pada musim panas, periode Maret sampai Oktober, dengan cuaca yang diperkirakan cukup cerah dan bersahabat. Khusus di kawasan Bedugul dan Bali Utara, cuaca relatif lebih dingin dan berkabut karena merupakan daerah pegunungan. Perlu dicatat pula bila seluruh kegiatan di Bali -termasuk wisata- harus berhenti saat perayaan Nyepi. Hindari tanggal tersebut bila berencana liburan ke Bali.

Semoga beberapa tips di atas berguna bagi B'timers yang berencana liburan ke Bali bersama keluarga atau orang-orang terdekat. Selamat berlibur!

Share This Article