5 Tips Sederhana Traveling Saat Puasa Ramadan | Breaktime
5 Tips Sederhana Traveling Saat Puasa Ramadan
11.06.2016

Ibadah puasa selama bulan Ramadan bukan menjadi halangan bagi setiap orang untuk melakukan aktivitas, entah itu bekerja ataupun liburan alias traveling.

Hanya saja, jenis kegiatan pun harus menyesuaikan dengan kondisi tubuh dan situasi selama bulan Ramadan. Dengan persiapan yang matang dan terencana, B'timers pun tetap bisa melakukan aktivitas traveling selama bulan puasa.

Berikut beberapa tips agar B'timers tetap bisa melakukan aktivitas traveling meskipun sedang menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan.

5 Tips Sederhana Traveling Saat Puasa Ramadan | Breaktime
Masjid Raya Baiturahman di Banda Aceh, destinasi religi saat traveling ke Aceh

1. Niat Yang Kuat

Menguatkan niat sejak awal merupakan kunci utama ibadah puasa. Haus dan lapar mungkin akan lebih terasa saat sedang melakukan perjalanan, namun B'timers bisa mendapat banyak pahala dengan mengunjungi destinasi religi dan aktivitas yang berkaitan dengan Ramadan.

2. Destinasi Religi

Pilihlah destinasi dengan suasana religi Islami dan menawarkan banyak aktivitas seru selama bulan Ramadan. Beberapa destinasi yang banyak menggelar acara khas Ramadan seperti di Aceh, Semarang, dan Lombok bisa menjadi pilihan B'timers selama bulan Ramadan.

5 Tips Sederhana Traveling Saat Puasa Ramadan | Breaktime
Masjid Agung Jawa Tengah juga menarik dikunjungi saat liburan puasa di Semarang

3. Hindari Destinasi Ekstrem

Saat puasa, rasa haus akan lebih cepat kita rasakan ketika mengunjungi destinasi dengan cuaca panas, seperti pantai atau area terik lainnya. Pilihlah destinasi yang memberi kesan sejuk seperti pegunungan dan perbukitan.

4. Ajak Teman

Solo traveling kadang lebih seru dan menantang, tapi tidak ada salahnya mengajak teman melakukan perjalanan bersama saat puasa. B'timers bisa sharing pengalaman sekaligus bertukar informasi tentang lokasi wisata yang akan dituju.

5 Tips Sederhana Traveling Saat Puasa Ramadan | Breaktime
Saat puasa, pilih destinasi berlatar gunung atau bukit dengan nuansa sejuk

5. Sesuaikan Waktu Perjalanan

Menyesuaikan waktu perjalanan dengan jam sahur dan berbuka akan membantu ibadah puasa B'timers tetap lancar meskipun sedang traveling. Misalnya dengan menyesuaikan jam keberangkatan pesawat setelah sahur atau jam kedatangan beberapa saat menjelang waktu berbuka di tempat tujuan. (ZA)

Share This Article