5 Tips Nikmati Indahnya Danau Toba Pulau Samosir | Breaktime
5 Tips Nikmati Indahnya Danau Toba dan Pulau Samosir
05.06.2016

Dari sekian banyak destinasi wisata alam di Indonesia, khususnya yang berada di kawasan Sumatera, Danau Toba merupakan destinasi yang sudah lama populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Meskipun sudah lama populer, Danau Toba masih tetap menawarkan keindahan panorama alam, suasana sejuk danau dan pegunungan yang berbukit-bukit. Penginapan dan kuliner khas Sumatera Utara pun dengan mudah ditemui di sekitar Danau Toba dan Pulau Samosir.

Tak hanya wisata alam, B'timers pun bisa menikmati suasana budaya khas Batak yang begitu kental di sekitar Danau Toba. Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum merencanakan perjalanan ke Danau Toba dan Pulau Samosir.

5 Tips Nikmati Indahnya Danau Toba Pulau Samosir | Breaktime
Banyak pilihan hotel dan penginapan di pesisir Danau Toba dan Pulau Samosir

1. Berkunjung di waktu yang tepat

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Danau Toba dan Pulau Samosir adalah pada periode April sampai September. Pada periode ini cuaca diperkirakan cerah pada siang hari sehingga B'timers bisa menikmati keindahan Danau Toba dengan lebih maksimal.

2. Berkunjung saat upacara adat

Berkunjunglah saat masyarakat setempat sedang melakukan upacara ritual atau pesta rakyat Danau Toba, dimana wisatawan bisa bergabung dengan warga lokal untuk menikmati kemeriahan acara tersebut. Selain itu juga ada Festival Danau Toba yang rutin digelar setiap tahun.

3. Memilih Golden Hours

Pemandangan di sekitar Danau Toba dan Pulau Samosir yang berupa hamparan air danau dan pegunungan yang hijau sangat menarik untuk diabadikan dalam foto. Gunakan waktu-waktu "golden hours" untuk memotret landscape Danau Toba, diantaranya adalah pagi jam 05.30 hingga 06.30 dan sore hari jam 16.00 hingga 17.00.

5 Tips Nikmati Indahnya Danau Toba Pulau Samosir | Breaktime
Tomok, salah satu lokasi yang cukup terkenal untuk wisata belanja dan budaya di Danau Toba

4. Memilih souvenir dan kuliner

Cenderamata khas masyarakat Batak sangat beragam, mulai dari gitar unik yang terbuat dari kayu khas Batak, sampai kalender kuno yang ditulis tangan. Souvenir lainnya yang sangat terkenal adalah kain ulos, berupa kain tenun yang biasanya berwarna merah, hitam, dengan hiasan benang berwarna emas.

5. Hormati budaya lokal

Berkunjung ke destinasi baru selalu memberi kita peluang untuk mempelajari budaya dan adat lokal yang baru. Begitu pula saat berkunjung ke Danau Toba, dengan mayoritas masyarkat suku Batak. Hormati dan patuhi peraturan maupun larangan di setiap tempat yang dianggap luhur atau keramat. (ZA)

Share This Article