5 Tips Mudik Tetap Nyaman Naik Kereta Ekonomi | Breaktime
5 Tips Mudik Tetap Nyaman Naik Kereta Ekonomi
02.07.2017

Banyak pilihan moda transportasi yang bisa digunakan oleh B'timers untuk mudik tahun ini, mulai dari kendaraan pribadi, bis antar kota, kereta api, pesawat terbang, hingga kapal laut.

Bagi B'timers yang terlanjur merencanakan mudik menggunakan jasa kereta api namun harus puas mendapatkan tiket ekonomi, tak perlu berkecil hati karena naik kereta ekonomi pun kini tetap aman dan nyaman.

Meskipun sejumlah fasilitas yang disediakan oleh kereta kelas ekonomi tak semewah kelas eksekutif, namun B'timers bisa melakukan beberapa cara ini agar perjalanan mudik dengan kereta ekonomi tetap menyenangkan.

Pilih Kursi

Pada saat melakukan pemesanan tiket kereta api, baik secara langsung di stasiun atau secara online, B'timers bisa memilih nomor kursi yang diinginkan. Pilih nomor kursi sesuai dengan kebiasaan dan kebutuhan, misalnya bila sering ke toilet, maka pilihlah kursi di lorong. Bila ingin nyaman dan melihat pemandangan, pilih kursi dekat jendela.

5 Tips Mudik Tetap Nyaman Naik Kereta Ekonomi | Breaktime
Kereta api menjadi pilihan transportasi mudik karena murah dan tetap nyaman

Sesuaikan Kondisi Fisik

Apabila B'timers naik kereta api bersama ibu hamil atau rombongan, pilih nomor kursi 11 AB, 12 AB atau 11 CD, 12 CD yang posisinya berhadapan dan lebih luas. Kursi kereta api kelas ekonomi tidak bisa diputar seperti kelas eksekutif. Apabila kamu mudah mengalami mabuk perjalanan, pilih kursi yang searah dengan kepala kereta api.

Tiba Lebih Awal

Perhatikan jadwal keberangkatan kereta dan datanglah satu jam sebelum keberangkatan agar tidak terburu-buru saat melakukan antrian checkin dan boarding pass. Datang awal juga memudahkan menyusun barang di dalam kabin kereta. Saat musim mudik lebaran, bisa dipastikan ada ratusan hingga ribuan penumpang lain di stasiun.

5 Tips Mudik Tetap Nyaman Naik Kereta Ekonomi | Breaktime
Persiapkan segala keperluan sebelum mudik dengan kereta api ekonomi

Perlengkapan Tidur

Apabila perjalanan kereta banyak ditempuh pada malam hari, siapkan perlengkapan tidur seperti bantal leher, selimut atau syal, dan penutup mata. Minum obat anti mabuk juga membantu mempermudah tidur dan mengurangi resiko mabuk perjalanan.

Bekal dan Camilan

Perjalanan kereta api antar propinsi biasanya memakan waktu cukup panjang, karena itu siapkan bekal berupa air mineral dan camilan untuk mengurangi kebosanan di kereta api. Membawa bekal sendiri juga bisa menghemat biaya pengeluaran di sepanjang perjalanan kereta api.



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE