Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Kendaraan Umum | Breaktime
5 Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Kendaraan Umum
29.06.2016

Ramadan hampir berakhir, lebaran tinggal menghitung jari. Hari-hari seperti ini adalah hajatnya para perantau. Jalanan kota besar akan semakin sepi, sebaliknya jalan raya poros menuju luar kota semakin padat seolah semuanya tumpah di situ. Yups, tanggal-tanggal inilah para pemudik mulai meninggalkan kota perantauan untuk kembali ke kampung halaman.

Nah, jika B’timers adalah salah satu dari ratusan ribu pemudik, sebaiknya perhatikan tips berikut ini. Sebelumnya, Breaktime sudah pernah membahas tips mudik aman dan nyaman dengan kendaraan pribadi, kini saatnya Breaktime berbagi tips mudik dengan transportasi umum. Langsung saja simak, yuk!

Perhatikan waktu

Memang paling sulit menentukan waktu mudik yang paling tepat. Semua pemudik tentu sudah menentukan waktu keberangkatan yang dirasa aman. Namun, setidaknya persiapkan tiket atau jadwal keberangkatan yang tidak terlalu mepet dengan hari raya.

Jangan memakai perhiasan

Untuk menjaga keamanan diri, sebisa mungkin tidak memakai perhiasan atau memperlihatkan benda-benda berharga yang mengundang aksi kriminal. Berpenampilan biasa saja, yang penting Anda nyaman.

Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Kendaraan Umum | Breaktime
Hindari pakaian yang mengundang kejahatan

Kenakan pakaian yang sopan dan nyaman

Jangan memancing kejahatan atau kriminal dengan pakaian yang kurang sopan (terbuka) terutama jika Anda wanita. Gunakan pakaian yang nyaman dan tidak panas. Pasalnya, mudik dengan kendaraan umum mungkin akan membuat Anda gerah dengan penumpang yang berjubel meski dalam kendaraan sudah terdapat AC.

Siapkan uang secukupnya, simpan secara terpisah

Breaktime menyarankan Anda untuk tidak membawa uang dalam jumlah besar. Bawa uang secukupnya saja untuk membayar ongkos kendaraan, untuk membeli camilan jika lapar dan untuk memberi pengamen jika ada. Untuk antisipasi jika saja terjadi pencopetan, letakkan uang Anda secara terpisah.

Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Kendaraan Umum | Breaktime
Kemas barang bawaan Anda dengan rapi dan mudah dibawa

Perhatikan kesehatan tubuh dan siapkan obat seperlunya

Kenali kondisi kesehatan Anda sendiri. Jika Anda memiliki penyakit tertentu yang bisa kambuh kapan saja, sediakan obat. Anda juga perlu memastikan kondisi Anda baik-baik saja selama perjalanan. Jangan lupa untuk menyediakan air putih secukupnya karena Anda pasti haus saat di dalam kendaraan.

Nah, itulah tips agar Anda aman dan nyaman melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan umum. Semoga informasinya bermanfaat ya, B’timers. Selamat mudik! (nap)

Share This Article