5 Tips Mengabadikan Momen Indah saat Traveling | Breaktime
5 Tips Mengabadikan Momen Indah saat Traveling
13.05.2015

Saat melakukan perjalanan, entah urusan pekerjaan, studi, keluarga, maupun wisata, kadang kita sering menganggap remeh satu hal, dokumentasi. Padahal, banyak momen menarik untuk diabadikan dan diceritakan kembali dari perjalanan tersebut.

Mengabadikan perjalanan dalam bentuk teks, foto, atau video, bukan sekedar dokumentasi semata. Bila kita mau sedikit berimprovisasi, dokumentasi perjalanan bisa menjadi sebuah reportase berharga.

Untuk melakukannya, memang butuh sedikit keahlian. Tapi bukan berarti hal tersebut cuma bisa dilakukan fotografer profesional saja lho, B'timers. Kita pun bisa juga melakukannya, dengan gadget dan keahlian yang kita miliki.

5 Tips Mengabadikan Momen Indah saat Traveling

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendokumentasikan perjalanan dalam bentuk foto atau video:

Menguasai Kamera

The best camera is the one that's with you. Kita tak harus punya kamera atau alat perekam canggih. Kamera apa pun bisa dipakai. Yang penting kita menguasai seluk beluk kamera atau gadget yang sedang dipegang.

Riset Sederhana

Sebelum mengambil gambar, ada baiknya cari info terlebih dulu atau riset kecil-kecilan tentang lokasi mana saja yang menarik untuk didokumentasikan.

Catatan Kecil

Membuat catatan kecil tentang informasi penting maupun kesan tentang momen yang sedang kita ambil akan menambah "hidup" dan memberi cerita yang berbeda terkait gambar tersebut.

5 Tips Mengabadikan Momen Indah saat Traveling

Momen

Ketahui waktu yang paling tepat untuk mengambil gambar. Misalnya, kita harus datang pagi-pagi bila ingin mengabadikan sunrise. 

Berurutan

Ambil gambar secara berurutan alias kontinyu. Abadikan momen demi momen secara detail, sehingga gambar yang diambil menjadi sebuah narasi atau cerita dari perjalanan itu sendiri.

Bagaimana, mudah kan? Sekarang B'timers bisa mulai mengabadikan momen berharga di tiap perjalanan.

Share This Article