5 Tips Memilih Asuransi Travel untuk Lindungi Liburan
5 Tips Memilih Asuransi Travel untuk Lindungi Liburan
01.06.2016

Sebenarnya, seberapa penting sih memiliki asuransi perjalanan? Tentu saja jawabannya sangat penting, B’timers. Dengan memiliki polis asuransi perjalanan, liburan Anda akan lebih aman karena ada yang menanggung jika terjadi apa-apa selama Anda liburan. Namun, memilih asuransi perjalanan tidak boleh sembarangan, ya. Perhatikan tips memilih asuransi perjalanan berikut ini.

Cermati berapa besar biaya yang ditanggung pihak asuransi

Sebagai nasabah asuransi perjalanan, Anda harus meneliti secara detail hal apa saja yang ditanggung. Seringkali terjadi kondisi tumpang tindih alias dobel proteksi dari beberapa asuransi yang Anda miliki, sedangkan tertanggungnya sama. Jangan sampai membeli premi asuransi yang sama dengan premi yang sudah dimiliki.

Nikmati liburan seru dan terlindungi bersama keluarga
Nikmati liburan seru dan terlindungi bersama keluarga

Pahami Waktu Perlindungan Asuransi Perjalanan Anda

Idealnya, Anda harus memilih asuransi perjalanan sesuai dengan lamanya waktu melakukan perjalanan, B’timers. Ini dilakukan mengingat asuransi perjalanan biasanya hanya akan menanggung risiko saat melakukan perjalanan. Jangan sampai Anda rugi kelebihan membayar premi akibat sudah pulang perjalanan, tapi premi yang Anda bayarkan ternyata melebihi masa perjalanan yang tidak diperlukan.

Cari tahu seberapa luas jangkauan perlindungan

Tips memilih asuransi perjalanan selanjutnya adalah mengetahui jangkauan yang dijanjikan. Wisata dengan risiko tinggi biasanya tidak bisa diproteksi asuransi perjalanan. Misalnya saja olahraga ekstrem, wisata alam liar atau ke tempat yang dianggap berbahaya seperti ke daerah konflik. Untuk aktivitas ekstrem biasanya perusahaan asuransi akan menetapkan premi tambahan di luar premi asuransi perjalanan pada umumnya.

Tak perlu khawatir selama Anda travel insurance
Tak perlu khawatir selama Anda travel insurance

Cari tahu kondisi kesehatan seperti apa yang ditanggung pihak asuransi

Pahami bahwa setiap tertanggung punya riwayat sakit dan pada umumnya perusahaan asuransi tidak menanggung kondisi kesehatan yang telah ada sebelumnya. Sebaiknya Anda jujur, walau  sekilas nampak menguntungkan menyembunyikan kondisi kesehatan yang sudah dialami sebelumnya, saat terjadi klaim, bisa saja Anda ditolak.

Perusahaan asuransi biasanya akan meminta rincian riwayat kesehatan yang justru mengakibatkan klaim ditolak, jika ketahuan Anda berbohong. Untuk menghindari hal ini maka sangat dianjurkan untuk mengungkapkan semua rincian kesehatan pada tahap awal dengan sebenarnya sehingga kasus klaim ditolak tidak Anda alami.

Nah, itu tadi tips memilih asuransi perjalanan. Semoga membantu, ya! (nap)

Share This Article