5 Tips Liburan Akhir Pekan ke Pahawang | Breaktime
5 Tips Liburan Akhir Pekan ke Pahawang
28.03.2015

Tips Liburan Ke Pahawang

Provinsi Lampung yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera memiliki beberapa pilihan destinasi wisata alam yang beragam, menarik, dan memacu adrenalin para penggemar petualangan.

Dari Teluk Kiluan yang menjadi tempat bersua dengan lumba-lumba, berkelana menunggang Gajah Sumatera di Way Kambas, hingga keindahan pulau dan taman bawah laut Pahawang, semua bisa B’timers dapatkan di Lampung.

Meski jaraknya relatif tak terlalu jauh dari ibu kota, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum traveling ke provinsi penghasil kopi dan pisang ini. Terutama karena ada berbagai moda transportasi yang digunakan, yaitu darat, laut, bahkan udara.

(Baca juga: Tips Sebelum Travelling Ke Gunung Sendirian)

5 Tips Liburan Akhir Pekan ke Pahawang

Berikut beberapa tips traveling bagi B'timers yang sedang merencanakan liburan ke Lampung, khususnya Pahawang:

Pilih waktu yang tepat

Bagi pekerja kantoran dengan durasi lima hari kerja, tak perlu ambil cuti untuk bisa traveling ke Pahawang. Ambil hari keberangkatan pada Jumat malam, kemudian kembali ke ibu kota pada Minggu sore atau malam. Dua hari satu malam (Sabtu dan Minggu) sudah cukup untuk menikmati keindahan bawah laut di kepulauan Pahawang.

Sedia obat anti mabuk

Kiat satu ini berlaku untuk Anda yang biasa mabuk laut maupun mabuk darat. Perjalanan dari penyeberangan Merak - Bakaheuni menuju Bandar Lampung menempuh waktu kurang lebih dua sampai tiga jam. Kondisi jalan yang tak selamanya mulus bisa membuat Anda pusing dan kelelahan. Kemudian berlanjut dengan penyeberangan dengan perahu motor melawan ombak yang besar, bisa membuat Anda mual. Bawa selalu obat anti mabuk, terutama bila kondisi fisik kurang fit.

Obat-obatan pribadi

Selain obat anti mabuk, obat-obatan lain yang bersifat pribadi juga perlu dibawa mengingat tak ada apotek maupun toko obat di destinasi. Salah satu keluhan yang sering dialami peserta trip adalah gatal-gatal atau alergi akibat mengonsumsi seafood.

Bawa powerbank

Listrik di pulau Pahawang hanya menyala pada sore hingga malam. Powerbank bisa menjadi benda penyelamat handphone saat kehabisan baterai, terutama bagi B’timers yang gadget mania atau ingin selalu update lokasi saat di perjalanan.

Ikut open trip

Tidak ada salahnya traveling ala solo trip, namun dengan kondisi harus sewa perahu motor dan penginapan homestay di pulau, akan lebih baik bila Anda traveling rame-rame dengan teman atau ikut open trip. Dengan sistem cost sharing, Anda bisa menekan biaya sewa perahu dan penginapan. Dengan open trip, Anda juga bisa mendapat kenalan baru, pengalaman baru, dan wawasan baru seputar destinasi yang kita kunjungi.

So, udah siap packing dan berangkat ke Pahawang, B'timers?

Share This Article