5 Tips Keliling Singapura dengan SMRT | Breaktime
5 Tips Keliling Singapura dengan SMRT
27.07.2015

B'timers sedang merencanakan liburan ke Singapura? Salah satu hal yang bisa dilakukan di Singapura adalah menjelajah tiap sudutnya menggunakan SMRT. Ya, SMRT atau Singapore Mass Rapid Transit merupakan sarana transportasi utama warga Singapura yang menggunakan sistem jalur kereta api. SMRT memiliki 79 stasiun yang tersebar di berbagai distrik dengan empat jalur kereta, yakni Nort South Line, East West Line, North East Line, dan Circle Line.

North South Line melayani rute dari Jurong East sampai Marina South Pier. Jalur East West Line melayani rute Pasir Ris sampai Joo Koon, termasuk dari Changi Airport yang berhenti di persimpangan Tanah Merah. Jalur North East Line menghubungkan Harbour Front sampai Punggol. Sedangkan jalur Circle Line menghubungkan Dhoby Ghaut dengan Harbourfront.

Peta jalur SMRT bisa kita lihat di tiap stasiun atau pada brosur-brosur gratis di bandara maupun pusat keramaian lainnya. Bila ingin berkeliling Singapura dengan MRT, kita perlu mengetahui jalur-jalur SMRT tersebut sehingga kita tahu di stasiun mana harus turun atau berganti jalur kereta.

5 Tips Keliling Singapura dengan SMRT | Breaktime
Panduan jalur SMRT ada di peta Singapura yang bisa didapatkan gratis

Berikut beberapa info penting seputar SMRT di Singapura untuk B'timers yang berencana jalan-jalan di Negeri Merlion:

Baca Juga : TRANSIT LAMA DI CHANGI? IKUT TUR GRATIS KELILING SINGAPURA SAJA!

Jam operasi SMRT

SMRT beroperasi setiap hari mulai pukul 05.30 sampai tengah malam waktu setempat (waktu Singapura lebih cepat satu jam dari WIB). Pada periode peak season dan musim libur, biasanya durasi operasional SMRT diperpanjang. Pada jam-jam sibuk antara pukul 07.00 - 09.00 dan 17.00 - 19.00 SMRT tiba setiap dua sampai tiga menit di tiap stasiun. 

5 Tips Keliling Singapura dengan SMRT | Breaktime
Menjelajah Singapura dengan SMRT lebih murah dan menyenangkan

Pembelian tiket SMRT

Tiket SMRT bisa dibeli di General Ticket Machine yang terdapat di tiap stasiun dengan pecahan mata uang terbesar adalah SGD 5. Bila tidak memiliki uang kecil, terdapat loket untuk menukarkan uang. Pastikan sudah mengetahui stasiun tujuan dan jalur kereta sebelum membeli tiket SMRT. Terdapat peta di setiap stasiun, juga terdapat aplikasi gratis jalur SMRT yang bisa diunduh melalui smartphone.

5 Tips Keliling Singapura dengan SMRT | Breaktime
Pastikan mengetahui jalur dan stasiun yang dituju sebelum naik SMRT

Larangan di dalam SMRT

Dilarang keras merokok, makan, minum, termasuk mengunyah permen karet selama di dalam SMRT maupun area stasiun. Kita juga dilarang membawa hewan peliharaan dan benda-benda berbau tajam, misalnya durian. Hal ini untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan sesama penumpang.

Hindari juga menggendong tas ransel dengan ukuran besar (biasanya para backpacker dengan ransel di atas 60 liter) saat di dalam SMRT. Sebaiknya, tas diletakkan di samping kaki untuk memberi ruang lebih luas di dalam kereta, terutama pada jam-jam sibuk pagi dan sore hari.

Kebiasaan di dalam SMRT

Di dalam SMRT, warga Singapura sudah terbiasa untuk langsung memberi tempat duduk kepada orang tua atau orang yang lebih membutuhkan, meskipun tidak pada "priority seat". Suatu hal positif yang layak kita contoh dan terapkan di Indonesia.

Dengan beberapa tips di atas, B'timers kini bisa lebih nyaman dan aman berkeliling Singapura dengan SMRT.

Share This Article