5 Tips Hunting Tiket Pesawat Murah | Breaktime
5 Tips Hunting Tiket Pesawat Murah
01.03.2015

Tiket pesawat murah masih jadi incaran setiap traveler yang merencanakan trip ke suatu destinasi. Penetapan batas bawah untuk penerbangan domestik di Indonesia beberapa waktu lalu sedikit banyak cukup membuat traveler yang terbiasa naik maskapai budget cukup memeras otak untuk mencari tiket pesawat dengan harga relatif murah.
 
Meski demikian, masih ada beberapa trik untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang relatif lebih rendah. Berikut 5 tips hunting tiket pesawat murah dari Breaktime:

Beli tiket di hari Selasa

Menurut survey Cheapair, harga tiket pesawat terendah banyak ditemukan ketika calon pembeli melakukan booking pada weekdays, terutama di hari Selasa dan Rabu.

Hindari peak season dan weekend

Tentu saja hal ini tak hanya berlaku untuk tiket pesawat, tetapi juga pada voucher hotel dan sarana transportasi non pesawat. Saat musim libur harga-harga cenderung naik mengikuti hukum ekonomi pasar. Karena itu, rencanakan untuk melakukan perjalanan di luar weekend atau periode high season.

Beli jauh hari

Membeli tiket pesawat jauh hari sebelum keberangkatan merupakan langkah terbaik untuk berhemat. Menurut Skyscanner, bila Anda akan ke Thailand, usahakan membeli tiket H-16 minggu karena kita bisa berhemat 25%. Sedangkan untuk ke Malaysia, pemesanan tiket pesawat pada H-18 minggu bisa membuat B’timers menghemat sekitar 27%. Sementara untuk ke Singapura, pembelian tiket pesawat pada H-16 pekan membuat Anda berhemat hingga 34%.

Rajin hunting tiket promo

Tiket promo kini bukan lagi wilayah eksklusif maskapai budget, beberapa maskapai full service pun kini rutin menebar promo pada rute-rute tertentu. Selain lewat internet, media sosial, dan event khusus, tiket promo juga bisa didapatkan pada travel fair dan periode early bird.

Pilih bandara alternatif

Selain bandara utama, beberapa kota besar di ASEAN memiliki bandara khusus maskapai budget, seperti Don Mueang di Bangkok. Biasanya harga tiket maskapai yang bandara yang lebih kecil lebih murah bila dibandingkan maskapai yang landing di bandara utama. Selalu compare harga tiket pada situs pencarian dan marketplace yang banyak Anda temui di internet
 
Nah, setelah membaca beberapa tips tersebut, sekarang B'timers bisa memperkirakan sendiri kapan waktu terbaik untuk melakukan pembelian tiket pesawat agar mendapat harga yang lebih murah daripada harga normal. Selamat hunting tiket murah!

Share This Article

Tagging: