5 Tips Bikin Mudik Jadi Perjalanan Traveling Yang Seru | Breaktime
5 Tips Bikin Mudik Jadi Perjalanan Traveling Yang Seru
13.07.2015

Bagi masyarakat Indonesia, libur Idul Fitri identik dengan pulang kampung atau mudik. Banyak hal seru yang bisa kita lakukan selama perjalanan mudik. Mulai dari mengunjungi destinasi baru, mencoba kuliner lokal, hingga berpetualang di rute baru atau jalur alternatif.

Sebagai traveler, kesempatan pulang kampung bisa dimanfaatkan untuk jalan-jalan ke beberapa tempat unik dan seru di kota asal. Bisa jadi, banyak spot baru yang belum sempat kita datangi. Tempat-tempat ini bisa menjadikan libur Lebaran kita tetap berasa seperti libur jalan-jalan.

Berikut beberapa tips agar libur Lebaran kita makin seru dan tidak membosankan.

1. Rencanakan waktu mudik

Merencanakan waktu mudik sejak jauh hari sangat penting, bahkan jadwal cuti dan libur Lebaran tahun depan pun sudah bisa kita lihat setahun sebelumnya. H-9 sampai H-6 adalah waktu terbaik untuk mudik Lebaran, atau bisa juga mudik di "akhir" Lebaran pada H+2. Dengan menentukan waktu mudik, kita bisa merencanakan agenda silaturahmi dan mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitar kota asal.

5 Tips Bikin Mudik Jadi Perjalanan Traveling Yang Seru

2. Menikmati destinasi di perjalanan

Perjalanan mudik Lebaran tak selalu identik dengan macet dan antrean panjang. Tak ada salahnya kita berhenti sejenak menikmati destinasi wisata yang ada di kota yang sedang dilalui. Misalnya ketika mudik lewat jalur Pantura, kita bisa berhenti sejenak di Semarang, menikmati wisata kuliner di Simpang Lima. Atau bila lewat Banyuwangi, kita bisa sejenak menikmati Taman Nasional Baluran yang terletak tak jauh dari perbatasan Banyuwangi dan Situbondo. Menikmati perjalanan yang ada akan membuat perjalanan mudik makin menyenangkan.

5 Tips Bikin Mudik Jadi Perjalanan Traveling Yang Seru

3. Coba rute baru

Tak ada salahnya mencoba rute alternatif saat mudik Lebaran. Selain menghindari kemacetan, jalur baru bisa memberi kita suasana baru, bahkan tempat-tempat baru yang bisa dikunjungi. Yang perlu diperhatikan saat memilih jalur alternatif atau jalur baru yang belum pernah dilewati sebelumnya adalah kondisi mobil, ban cadangan, lampu senter, bahan bakar, hingga peta atau GPS.

5 Tips Bikin Mudik Jadi Perjalanan Traveling Yang Seru

4. Menikmati kuliner lokal

Selain tempat-tempat baru yang bisa dikunjungi, perjalanan mudik bisa kita manfaatkan untuk menikmati kuliner lokal di daerah asalnya. Misalnya Wingko di Babat, Nasi Gudeg di Jogja, Nasi Pecel di Kediri, atau Bakso Bakar di Malang. Konon kuliner lokal yang dinikmati di daerah asal ini rasanya lebih "nendang" dari masakan yang biasa kita nikmati di kota lain.

5. Eksplore destinasi di kota asal

Usai silaturahmi dengan keluarga besar, tak ada salahnya kita keluar rumah untuk mengunjungi tempat-tempat hits yang ada di sekitar kota asal. Bisa jadi tempat itu adalah pantai, danau, gunung, atau museum, taman kota, hingga cafe atau tempat nongkrong di pusat perbelanjaan pada kawasan perkotaan. Ajak serta seluruh keluarga sehingga libur Lebaran akan terasa seperti traveling bersama keluarga.

Dengan beberapa tips di atas, B'timers kini bisa merencanakan mudik yang lebih seru pada Lebaran tahun ini. Selamat mudik dan selamat traveling di kampung halaman!

Share This Article