Tips Atur Keuangan dan Kartu Kredit Saat Liburan | Breaktime
5 Tips Atur Keuangan dan Kartu Kredit Saat Liburan
05.05.2016

Perencanaan yang matang sejak jauh hari merupakan salah satu kunci sukses liburan atau perjalanan. Tak terkecuali perencanaan dalam hal keuangan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur dan menjaga keuangan selama liburan. Berikut beberapa tips dari Master Card yang bisa diterapkan saat B'timers akan melakukan perjalanan baik di dalam maupun luar negeri.

1. Rencanakan perjalanan

Saat B'timers akan berkunjung ke luar negeri, hubungi pihak bank untuk mengaktifkan kartu kredit agar dapat digunakan di luar negeri. Sebaliknya, non aktifkan penggunaan di luar negeri saat sudah kembali dari liburan. Manfaatkan pula program perlindungan kartu kredit yang ditawarkan.

2. Periksa kembali daftar transaksi

Periksa kembali catatan transaksi pembayaran secara rutin selama traveling. Akseslah transaksi pembayaran melalui mobile application yang dimiliki bank penerbit kartu kredit. Gunakan jaringan wi-fi yang aman agar terhindar dari tindak kejahatan.

Tips Atur Keuangan dan Kartu Kredit Saat Liburan | Breaktime
Deretan mesin ATM di bandara Phuket, Thailand

3. Simpan nomor penting

Rajinlah mencatat dan menyimpan nomor-nomor telepon penting, baik lokal dan internasional, yang mudah dihubungi setiap saat. Apabila terjadi kehilangan atau pencurian, B'timers tahu nomor yang harus dihubungi.

4. Tetap waspada

Tetap waspada untuk setiap aktivitas yang mencurigakan atau perangkat yang tidak biasa, seperti mesin ATM saat memasukkan kartu. Jangan lupa untuk menutupi pin-pad dengan tangan saat memasukkan kode pin ATM atau informasi rahasia lainnya.

Tips Atur Keuangan dan Kartu Kredit Saat Liburan | Breaktime
Cermat dan tepat mengatur keuangan merupakan salah satu kunci sukses liburan

5. Lindungi diri dengan password

Untuk memastikan informasi tetap aman, gunakan password untuk melindungi ponsel, laptop dan perangkat digital lainnya saat traveling .Selain itu B'timers juga bisa mengatur auto-lock setelah beberapa menit tidak digunakan. Hal ini untuk melindungi informasi pembayaran dan informasi penting lainnya yang ada di perangkat ponsel maupun laptop. (ZA)

Share This Article