5 Tips Aman Solo Traveler dan yang Suka Diving | Breaktime
5 Tips Aman untuk Solo Traveler dan yang Suka Diving
29.04.2016

B'timers penggemar wisata bawah laut tentu sudah tak asing lagi dengan aktivitas menyelam atau diving. Didukung keindahan bawah lautnya, Indonesia merupakan salah satu destinasi favorit penyelam domestik maupun mancanegara.

Aktivitas menyelam atau diving pada dasarnya merupakan kegiatan yang harus dilakukan bersama-sama, tidak bisa seorang diri, karena harus ditemani minimal satu orang guide atau dive buddy.

Tapi bagi B'timers yang gemar melakukan perjalanan sendiri alias solo traveling, tidak menutup kemungkinan untuk tetap melakukan diving di destinasi-destinasi selam terkenal seperti Bunaken, Raja Ampat, atau Flores.

Berikut beberapa tips perjalanan menyelam untuk solo traveler seperti yang dikutip dari Sport Diver Magazine.

5 Tips Aman Solo Traveler dan yang Suka Diving | Breaktime
Aktivitas diving atau menyelam biasanya dilakukan secara berkelompok

1. Tidak semua destinasi selam memiliki karakter yang sama. Beberapa tempat memungkinkan Anda untuk bertemu sesama solo diver seperti Bali dan Lombok.

2. Pesan paket menyelam pada tempat-tempat yang telah banyak direkomendasikan situs perjalanan dan memiliki lisensi selam seperti PADI. Di tempat ini solo traveler bisa mendapatkan jaminan keamanan, guide yang profesional dan berlisensi, serta fasilitas pendukung lainnya.

3. Pilih hotel atau penginapan dengan tarif yang fleksibel. Beberapa hotel menawarkan tarif yang bersahabat bagi solo traveler, karena selama aktivitas menyelam dipastikan kegiatan Anda akan lebih banyak berada di luar ruangan.

5 Tips Aman Solo Traveler dan yang Suka Diving | Breaktime
Solo traveler pun bisa menikmati keindahan bawah laut dengan diving

4. Membaur dengan wisatawan lain, terutama sesama penggemar selam. Coba makan makanan di bar hotel atau restoran setempat. Mungkin Anda akan bertemu solo traveler lainnya yang akan melakukan hal yang sama, bertukar informasi seputar lokasi dive, dan hal-hal menarik lainnya.

5. Tak ada salahnya mencoba voluntourism seperti yang dilakukan oleh REEF atau Proyek Pembersihan Pesisir Pantai AWARE yang menawarkan berbagai kegiatan dan kelompok selam.

Dengan mencoba beberapa hal di atas, B'timers yang gemar solo traveling sekaligus penggemar bawah laut kini bisa bepergian dengan aman, nyaman, sekaligus bisa mulai menentukan destinasi selam berikutnya. (ZA)

Share This Article