5 Tips Aman Naik Bus dan Kereta Saat Traveling | Breaktime
5 Tips Aman Naik Bus dan Kereta Saat Traveling
07.04.2016

B’timers, travelling memang terasa sempurna dengan menggunakan kendaraan umum seperti bus atau kereta api. Sayangnya, bahaya selalu mengancam di dua kendaraan darat yang populer ini. Namun jangan khawatir, Breaktime akan memberikan 5 tips aman naik kereta, bus dan kendaraan umum lainnya. Catat, ya!

Ketahui jadwal keberangkatan

Selain agar Anda tak ketinggalan bus atau kereta, ada manfaat lain yang bisa didapat dari mengetahui jadwal keberangkatan kendaraan yang akan Anda tumpangi. Well, bukankah akan lebih aman dari keterlantaran jika Anda pergi di waktu yang tepat? Apalagi jika Anda bepergian di malam hari, akan semakin berbahaya jika tak mengetahui jam berapa bus atau kereta akan berangkat dan sampai lokasi.

5 Tips Aman Naik Bus dan Kereta Saat Traveling | Breaktime
Ketahui jadwal agar tak terlambat

Jangan menunggu dan naik kendaraan dari tempat remang

Sangat kecil kemungkinan pencuri atau pencopet beraksi di tempat bercahaya terang. Karena itu, hindari menunggu bis atau kereta di tempat yang remang-remang. Jadi, rencanakan perjalanan Anda sebaik mungkin. Ketika Anda sedang menunggu di stasiun atau di halte bus, pilihlah tempat yang paling terang benderang dan dekat dengan titik bantuan.

Percayakan insting Anda tentang dengan siapa Anda duduk

Ada sejumlah strategi yang dapat membuat Anda merasa lebih aman ketika naik bus atau kereta kereta di malam hari. Duduk dekat dengan supir atau penjaga adalah ide yang baik. Penting juga untuk mempercayai insting Anda. Jika Anda naik kereta api dan merasa tidak nyaman dengan salah satu penumpang yang duduk di dekat Anda, cari tempat lain yang kosong dan menurut Anda nyaman. Plus, jangan memilih bus atau kereta yang terlalu ramai dan terlalu sepi. Dua kondisi itu paling rentan terhadap kejahatan dan pencurian.

5 Tips Aman Naik Bus dan Kereta Saat Traveling | Breaktime
Jangan lengah terhadap barang bawaan

Jangan ragu untuk teriak saat Anda ‘diserang’

Kebanyakan penjahat bersifat pengecut. Jadi, jika Anda diserang jangan ragu untuk membuat kebisingan untuk menakut-nakuti pelaku. Polisi mengatakan tindakan terbaik adalah berteriak sekeras dan sejelas mungkin agar penumpang lain, penjaga atau konduktor tahu. Jika Anda di stasiun atau halte, Anda bisa menggunakan komunikasi darurat yang disediakan di beberapa titik. Ini merupakan salah satu tips aman naik kereta maupun transportasi umum lainnya.

Jangan jalan sendirian di malam hari

Banyak penjahat sebenarnya mengincar penumpang setelah turun dari kereta atau bus yang berhenti di kegelapan. Jadi, sekali lagi rencanakan perjalanan Anda sebaik mungkin. Ketahui apakah nanti Anda akan turun dan berjalan bersama dengan penumpang lainnya di rute yang sama. Jika tidak memungkinkan, setidaknya sediakan alat perlindungan diri atau nomor darurat yang bisa dihubungi.

Harus Anda sadari bahwa di balik segara hal-hal yang menyenangkan dari travelling sendirian, sebenarnya kemungkinan bahaya yang mengancam juga lebih besar dari bepergian bersama-sama. Jadi, semoga tips aman naik kereta dan bis di atas bermanfaat untuk Anda dalam mengutamakan keselamatan, ya! (nap)

Share This Article